Macam-macam Menu Makanan Bayi Usia 6 Bulan ke Atas

Mencukupi kebutuhan asupan makanan yang baik, sehat dan bergizi sangat penting bagi semua orang. Termasuk bagi si kecil yang menginjak usia 6 bulan dan tengah dalam masa pertumbuhan. Memasuki usia 6 bulan, asupan makanan yang dibutuhkan jauh lebih banyak sehingga ASI saja tidak cukup untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dan gizi yang ia perlukan. Karena itulah aneka macam makanan sehat yang tepat perlu diberikan oleh para ibu agar si kecil dapat melalui masa pertumbuhan dengan baik dan optimal. Berikut ini beberapa macam menu makanan bayi usia 6 bulan ke atas yang dapat Anda berikan, yaitu:

  • Bubur sayur.

Menu makanan yang satu ini sangat baik bagi kesehatan dan cocok bagi si kecil karena teksturnya lembut sehingga mudah dicerna. Bubur sayuran juga memiliki kandungan manfaat yang baik karena memiliki nutrisi dan serat yang dibutuhkan tubuh bayi agar proses perkembangannya kian optimal. Berbagai pilihan jenis sayuran bisa dikombinasikan sebagai bubur yang kaya manfaat, misalnya brokoli, wortel, buncis dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Cara membuat bubur sayuran juga mudah dan sederhana.

Baca Juga: Tips Mpasi dengan Berbagai Jenis Buah

  • Potong dan bersihkan sayuran yang akan diolah menjadi bubur.
  • Rebus sayuran hingga matang dan empuk.
  • Haluskan sayur yang sudah matang hingga lembut.
  • Campurkan sayur ke dalam beras atau nasi yang sudah dibuat menjadi bubur.
  • Biarkan cukup dingin dan makanan siap diberikan pada bayi.
  • Buah halus.

Selain bubur yang di kombinasi dengan sayur, beberapa jenis buah juga cocok dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI. Agar mudah dicerna dalam perut, buah bisa dihaluskan terlebih dahulu sehingga teksturnya menyerupai bubur. Beberapa pilihan buah yang bisa dibuat sebagai makanan untuk bayi yaitu pisang dan alpukat. Masing-masing bisa dihaluskan langsung agar bisa disantap. Adapun buah seperti labu yang perlu direbus terlebih dahulu baru kemudian dihaluskan agar teksturnya lembut dan bisa dicerna.

  • Biskuit susu.

Biskuit menjadi salah satu pilihan makanan bayi yang cocok untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Ada banyak varian biskuit bayi yang dapat dipilih dengan rasa yang enak dan disukai bayi. Tekstur biskuit yang lembut juga mudah dicerna sehingga sangat baik untuk membantu proses pencernaan si kecil. Agar lebih komplit, biskuit bayi bisa dikombinasikan dengan susu yang cocok dan sesuai kebutuhan bayi. Biskuit dapat dilarutkan dengan susu hingga menjadi bubur dan mudah dikonsumsi.

  • Telur rebus.

Menu yang satu ini kaya akan protein dan sumber nutrisi yang begitu penting bagi kesehatan si kecil. Sama seperti menu yang lain, telur rebus juga perlu dihaluskan terlebih dahulu supaya bisa dicerna dengan baik. Kandungan manfaat dan gizi yang begitu banyak dalam telur rebus juga membantu proses pertumbuhan si kecil secara efektif. Jadi, asupan makanan yang ia konsumsi memberi banyak manfaat positif bagi tahap perkembangan dan pertumbuhannya setiap hari.

 

Selain beberapa menu makanan bayi di atas, masih banyak lagi pilihan menu lainnya yang dapat Anda berikan. Namun pastikanlah menu makanan yang Anda buat memiliki kualitas yang baik, kaya manfaat sesuai kebutuhan si kecil dan mudah dicerna sehingga memberikan pengaruh yang baik terhadap perkembangan maupun pertumbuhannya dari hari ke hari. Dengan memenuhi asupan makanan yang baik secara efektif melalui makanan-makanan sehat yang higienis dan bernutrisi tinggi, otomatis kesehatan si kecil selalu terlindungi.

Be Sociable, Share!
 Macam-macam Menu Makanan Bayi Usia 6 Bulan ke Atas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *