Ini Loh Manfaat dan Kandungan Kacang Almond yang Menyehatkan Tubuh

Kacang almond atau yang sering disebut sebagai kacang badam dikenal sebagai kacang yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan vitamin dan mineral.  Biasanya, kacang almond sering ditambahkan dalam salad. Selain itu berbagai produk almond sendiri telah dikembangkan, salah satunya adalah susu almond.

Berikut beberapa manfaat susu almond:

  1. Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar orang ingin jika tubuhnya sehat dengan cara menjaga berat badan agar tidak berlebih. Jika kamu mempunyai berat badan yang berlebih, solusinya adalah dengan mengatur pola makan dan juga melakukan aktivitas fisik. Dalam menjaga pola makan, kamu tetap bisa untuk mengonsumsi susu dengan kalori yang rendah yaitu dengan meminum susu kacang almond. Susu kacang almond hanya mengandung 39 kalori dalam 1 gelasnya. Nah, agar nutrisi tercukupi dan mendapatkan berat badan yang diinginkan, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin.

  1. Terhindar dari Risiko Diabetes

Penyakit diabetes atau dikenal dengan sebutan penyakit gula memang sekarang ini tidak hanya menyerang orang tua, namun beberapa remaja juga bisa terjangkit karena beberapa hal. Untuk mengurangi risiko diabetes, kamu bisa mengonsumsi susu kacang almond dikarenakan mengandung karbohidrat sederhana yang tidak meningkatkan gula darahmu.

Susu almond mengandung indeks glikemik rendah sehingga gula yang tersimpan tidak tersimpan dalam bentuk lemak, namun dalam bentuk energi. Penelitian yang diadakan oleh Diabetes Care juga telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi kacang almond akan dapat mengontrol diabetes tipe 2.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu almond sendiri tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sehingga aman untuk kesehatan jantung. Selain itu kandungan kacang almond juga rendah sodium dan tinggi asam lemak omega yang sangat bagus untuk melindungi fungsi jantung dan juga untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Kandungan lain kacang almond yang baik untuk kesehatan jantung adalah magnesium yang berguna untuk melancarkan aliran darah ke jantung. Selain itu magnesium juga bekerja untuk mengontrol oksigen untuk mengalirkan nutrisi ke jantung. Kacang almond juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang mencegah peradangan pada pembuluh arteri dimana arteri mempunyai peran yang penting untuk jantung.

  1. Bagus untuk Tulang

Agar terhindar dari osteophorosis, kamu bisa mengonsumsi susu almond. Susu almond sendiri diperkaya dengan vitamin D dan kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi.

Kacang almond juga bagus untuk dikonsumsi secara langsung. Berikut kandungan kacang almond yang sangat bermanfaat :

  1. Kaya Serat

Kacang almond mempunyai kandungan serat yang tinggi yang baik untuk sistem pencernaan. Mengonsumsi kacang almond akan terhindar dari masalah sembelit.

  1. Asam Folat

Kacang almond juga bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. Kandungan asam folatnya baik untuk perkembangan janin ibu hamil. Asam folat juga bisa melindungi janin agar tehindar dari neural tube defect atau kecacatan saat lahir.

  1. Protein

Kandungan protein kacang almond juga cukup tinggi sehingga kamu bisa memakannya sebagai snack pengganjal perut. Jadi tidak salah juga jika kacang almond juga bisa kamu jadikan sebagai camilan untuk diet.

  1. Lemak Tidak Jenuh

Salah satu Kandungan kacang almond adalah lemak tidak jenuh. Lemak ini bekerja untuk meningkatkan kadar lemak baik (HDL) dalam tubuh dan menurunkan lemak jahat (LDL). Asam lemak jenuh ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, peningkatan HDL juga bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan sistem syaraf.

So, bagi kamu yang ingin kesehatannya tetap optimal, kacang almond bisa menjadi solusinya.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan