3 Hal Khusus Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Bayi Perempuan

Kehadiran bayi perempuan di tengah-tengah keluarga Anda dapat memberikan kebahagiaan tersendiri. Wajahnya yang polos dan imut dapat membuat orang yang memandangnya langsung jatuh cinta. Fisiknya yang masih rapuh membuat kita selalu ingin memberikan yang terbaik dan terus melindunginya.

Lalu, agar bisa memberikan yang terbaik, kita mungkin bertanya, “Bagaimana sih cara merawat bayi perempuan? Apa bedanya dengan merawat bayi laki-laki?” Secara umum merawat bayi perempuan sedikit lebih rumit daripada bayi laki-laki. Mereka juga kebanyakan lebih rewel dibanding bayi laki-laki.

Ada setidaknya 3 hal khusus yang perlu diperhatikan dalam merawat bayi perempuan: penggantian popok ketika buang air kecil atau buang air besar, perawatan kulit dan tindik telinga.

Mengganti popok

Berbeda dengan bayi laki-laki, membersihkan daerah kelamin dan anus bayi perempuan harus lebih hati-hati untuk menghindari terjadinya infeksi. Setiap kali mengganti popok, gunakanlah lap basah. Usapkan dari depan ke belakang agar tidak terjadi penyebaran kuman ke daerah kewanitaan. Ketika mengelap, lakukan dengan sangat hati-hati dan dengan usapan yang lembut.

Jika Anda masih bingung cara mengganti popok yang tepat untuk bayi perempuan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak atau bidan Anda.

Merawat kulit

Saat memilih produk perawatan kulit bayi, Anda harus ekstra hati-hati karena kulit bayi perempuan sangat lembut dan rentan terhadap infeksi. Gunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk bayi yang lembut dan sensitif dan usahakan agar kulit bayi tetap lembap. Pilihlah bedak dan krim yang tidak menimbulkan alergi. Jika Anda mendapati ruam-ruam alergi pada kulitnya, segera konsultasikan ke dokter dan jangan melakukan perawatan lebih lanjut sendiri.

Menindik telinga

Sesuai kodratnya, anak perempuan dihiasi dengan anting-anting untuk mempermanis penampilannya. Ada banyak sekali pilihan anting-anting yang lucu di pasaran yang bisa Anda pilih. Namun, sebelum Anda bisa memasangkannya di telinga bayi perempuan Anda, dia harus ditindik dulu.

Menindik telinga bayi Anda lebih awal akan lebih baik, karena dapat menghindarkannya dari trauma. Anda bisa menindiknya saat dia berumur 6 bulan atau bahkan lebih awal lagi. Tindik telinga mungkin sedikit membuat bayi kurang nyaman, namun lambat laun dia akan terbiasa dan melupakannya. Tindik telinga dapat dilakukan tanpa menimbulkan rasa sakit.

Itulah sedikit tips khusus dalam merawat bayi perempuan. Walaupun ada sedikit perbedaan dengan perawatan bayi laki-laki, secara umum perawatan mereka sama saja. Cara menimang, memberi nutrisi, melatih mereka menggunakan toilet, dan sebagainya tetap sama, tidak dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Yang terpenting, rawatlah bayi dengan penuh kasih sayang dan hati yang tulus. Perasaan positif tersebut akan memberikan efek positif pula bagi bayi, sehingga membuat mereka nyaman dan tenang.

 3 Hal Khusus Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Bayi Perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *