4 Cara Alami Atasi Masalah Obesitas yang Wajib Dicoba

Tidak sedikit orang bermasalah dengan obesitas yakni berat badan berlebih yang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Stress, kebiasaan makan yang salah, faktor genetik, dan lain sebagainya menjadi penyebab tersering mengapa orang bermasalah dengan timbangan yang jungkir. Angka timbangan menginjak 80 kg bahkan 100-an tentu membuat kepala nyut-nyutan apalagi bagi kaum perempuan. Penampilan ketika berat badan berlebih memang nampak kurang sedap dipandang sehingga banyak orang menghalalkan segala cara untuk bisa langsing.

 

Cara Alami Mengatasi Berat Badan Berlebih

 

Sayangnya banyak orang memilih metode diet yang salah sehingga berujung pada masalah kesehatan dan keselamatan jiwa. Padahal ada sekian cara alami yang juga efektif mengatasi masalah tersebut, misalnya adalah:

 

Menghentikan kebiasaan ngemil,

Berat badan melonjak drastis memang seringkali disebabkan oleh kebiasaan ngemil entah ngemil snack ringan ataupun gorengan. Anda memiliki kebiasaan ini? Baiknya segera dihentikan karena menyebabkan berat badan di atas angka normal. Selain penampilan menjadi kurang menarik juga memicu masalah kesehatan serius, maka segera ubah kebiasaan makan Anda agar berat badan ideal dan tubuh lebih sehat.

Baca Juga : Agar Bayi Prematur Bisa Tetap Sehat, Berikan 4 Perawatan Ini!

Makan ketika memang merasa lapar,

Penyebab lain dari orang mudah mengalami obesitas adalah karena makan terlalu sering, lapar tidak lapar yang penting makan. Apalagi kalau di rumah tersedia menu favorit dijamin nasi satu magicom pun tidak sampai malam sudah tandas. Kontrol terhadap keinginan untuk makan menjadi kunci penting untuk mengatasi problem tersebut. Maka usahakan mengambil makan jika memang merasa lapar, kalau bingung membedakan mana lapar dan haus maka minum terlebih dahulu. Apabila masih lapar baru makan setelahnya.

 

Pantau berat badan setiap hari,

Supaya lebih fokus untuk menurunkan berat badan maka penting untuk menyediakan timbangan di rumah. Supaya setiap hari Anda bisa memantau perubahan berat badan, ketika tidak mengalami perubahan maka menjadi motivasi untuk melanjutkan diet. Kemungkinan lalai dengan program diet akan semakin kecil karena menyadari berat badan yang ditargetkan masih jauh dari jangkauan. Maka pertimbangkan untuk membelinya supaya bisa paham kapan waktu makan terbaik sehingga tidak asal makan ketika tidak memiliki kesibukan berarti.

 

Perbanyak melakukan kegiatan fisik,

Kegiatan fisik juga menjadi modal sekaligus kunci untuk menurunkan berat badan secara alami, tanpa datang ke klinik maupun konsumsi obat-obatan tertentu. Kegiatan fisik pun tidak melulu berupa olahraga, jadi jangan terfokus belanja perlengkapan olahraga entah baju, sepatu, barbel, dan semacamnya. Sebab dengan parkir lebih jauh dari kantor memaksa Anda berjalan kaki, nah ini sudah termasuk kegiatan fisik. Mengganti lift dan eskalator dengan tangga manual juga termasuk kegiatan fisik, dan terbilang murah sekaligus sederhana untuk menangani permasalahan obesitas.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan