4 Cara Mudah Menggendong Bayi Baru Lahir

4 Cara Mudah Menggendong Bayi Baru Lahir

Bagi orang tua baru, merawat bayi bukanlah perkara mudah. Ada beberapa hal yang mungkin saja masih sulit mereka lakukan, salah satunya adalah menggendong bayi baru lahir karena harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh bayi yang masih sangat rapuh. Diperlukan sikap lembut dan tenang saat menggendongnya, apalagi saat menopang kepala dan leher bayi. Namun, tak perlu bingung karena di bawah ini ada beberapa banyak cara mudah menggendong yang bisa dilakukan oleh para orang tua.

4 Cara Mudah Menggendong Bayi Baru Lahir

Menimang

Menimang merupakan cara menggendong bayi yang paling banyak dilakukan orang tua. Hal itu dikarenakan karena cara ini sangat mudah untuk dipraktekkan. Pertama, pindahkan bayi dari pembaringannya dan tempatkan bawah leher dan kepala bayi di salah satu lengan Anda. Sementara satu tangan lain Anda letakkan di bagian bokong bayi. Angkat dan posisikan bayi di lengan Anda senyaman mungkin. Posisi idealnya, kepala dan leher berada di lengang bagian dalam atau lipatan lengan Anda ketika digendong. Agar bayi semakin nyaman dengan posisinya, lakukan gerakan mengayun perlahan.

Menggendong sambil memeluk.

Cara menggendong bayi yang satu ini umumnya dilakukan setelah bayi selesai menyusu. Cara menggendong dengan posisi ini, pertama angkat kepala dan leher bayi dengan menggunakan salah satu tangan Anda dan gunakan tangan lainnya untuk menyangga bokong bayi. Posisikan bayi secara vertikal sejajar dengan arah tubuh Anda. Pastikan posisi ini membuat bayi ditempatkan di dada atau bahu agar bayi bisa merasa nyaman mendengar detak jantung orang tuanya. Namun, jangan lupa memperhatikan bagian leher dan hidup bayi, jangan sampai tertutup ataupun tergencet karena dekapan Anda.

Menggendong dengan posisi bayi tengkurap

Menggendong bayi dengan cara ini sangat tepat dilakukan ketika bayi sedang rewel. Untuk menggendongnya dengan cara ini, pertama posisikan bayi secara tengkurap dan letakkan kepala dan lehernya pada salah satu lengan bagian dalam Anda. Sedangkan bagian ujung telapak tangan Anda, gunakan untuk menopang kedua kaki bayi namun pastikan wajah bayi tidak tertutup. Dengan posisi ini, lakukan usapan atau tepukan lembut pada punggung bayi dengan tangan lainnya. Selain bisa menenangkan bayi, posisi ini juga ampuh mengeluarkan angin dari perut bayi sehingga membuatnya nyaman.

Menggendong untuk menyusu

Cara ini hampir sama dengan cara saat Anda ingin menimang bayi. Pastikan satu tangan Anda digunakan untuk menopang tubuh bayi lalu dekatkan bayu ke arah payudara Anda. Untuk membuatnya semakin nyaman saat menyusu, Anda bisa menggunakan bantuan bantal untuk menopang tubuh Si Kecil.

Beberapa cara menggendong bayi baru lahir di atas memang harus dilakukan secara hati-hati. Hindari rasa ragu atau khawatir yang berlebih saat menggendong si kecil karena hal ini justru bisa membuatnya tidak nyaman. Nikmati posisi Anda ketika menggendong si kecil, sembari melihat setiap gerak dan tingkahnya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan