4 Jenis Buah Ini Bisa Diolah Menjadi Makanan Bayi yang Sehat

4 Jenis Buah Ini Bisa Diolah Menjadi Makanan Bayi yang Sehat

MPASI sudah bisa mulai diberikan kepada buah hati ketika mereka memasuki usia 6 bulan, usia yang pada dasarnya memang sudah cukup bagi mereka untuk menerima asupan makanan tambahan, agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan tubuh bisa tumbuh secara optimal. Hanya saja tak jarang diantaranya para orang tua yang justru kebingungan dalam memilihkan menu makanan bayi mereka. Apalagi memang tak semua jenis makanan bisa dicerna oleh tubuh si kecil yang masih rentan, sehingga harus lebih hati-hati, salah-salah justru akan membahayakan si kecil.

 4 Jenis Buah Ini Bisa Diolah Menjadi Makanan Bayi yang Sehat

Sebenarnya di pasaran sendiri ada banyak sekali produk makanan untuk bayi yang bisa dengan mudah didapatkan, tentunya dengan harga yang murah dan mudah digunakan. Hanya saja jika terlalu sering mengkonsumsi produk makanan kemasan juga tak baik, sama halnya orang dewasa yang diharuskan untuk mengkonsumsi mie instan setiap hari. Jadi menu makanan bayi siap pakai ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai selingan mereka saja. 

Sedangkan untuk menu utama bisa mengandalkan buah-buahan yang sehat dan penuh akan kandungan gizi, seperti diantaranya adalah:

  1. Pisang, memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya pisang dikenal sebagai makanan yang kaya akan gizi dan pastinya juga sehat. Apalagi teksturnya terbilang lembut sehingga mudah untuk dicerna oleh buah hati. Bisa langsung diberikan sesuap demi sesuap, atau dengan mengolahnya menjadi menu lain, seperti diantaranya adalah bubur pisang dengan tambahan susu formula.
  2. Pepaya, tak jauh berbeda dengan pisang, tekstur dari buah yang satu ini juga lumat dan mudah untuk dicerna. Kandungan gizi yang terkandung di dalamnya juga relatif tinggi, seperti diantaranya adalah kalsium, fosfor hingga zinc, sangat bagus dalam menunjang kebutuhan nutrisi si kecil.
  3. Alpukat, buah yang satu ini memiliki rasa yang nikmat, sehingga banyak disukai oleh orang dewasa, namun tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan kulit, kandungan gizinya yang terbilang lengkap juga bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi si kecil, cara membuatnya juga mudah cukup dengan menghaluskan daging alpukat, kemudian ditambah dengan sedikit susu formula.
  4. Pir, pir adalah buah yang kaya akan kandungan air, namun karena cukup keras maka tak bisa dikonsumsi begitu saja oleh si kecil, langkah membuatnya mudah, yaitu dengan menjadikannya sebagai bubur, yaitu cukup dengan mengupas kulitnya dan menghancurkan dengan blender, campur sedikit susu formula.

Bisa di selang-seling juga dengan menu utama seperti bubur yang terbuat dari beras merah, bubur kacang hijau atau mungkin nasi tim, sehingga si kecil nantinya tak akan bosan dengan sajian harian mereka. Pastikan juga memberikan takaran yang tepat makanan bayi tersebut, perhatikan durasi pemberiannya juga agar tidak berlebihan atau kurang.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan