4 Kiat Mempersiapkan Diri Memiliki Bayi Sehat Sejak Hamil

4 Kiat Mempersiapkan Diri Memiliki Bayi Sehat Sejak Hamil

Memiliki bayi sehat tentu menjadi idaman semua ibu di dunia ini, sayangnya tidak semua bayi bisa dengan mudah tumbuh dengan sehat. Ada saja gangguan yang membuat bayi mengalami keterlambatan dalam masa tumbuh kembangnya. Maka disarankan bagi calon orangtua khususnya ibu hamil untuk sudah mempersiapkan diri memiliki bayi yang sehat. Selama masa kehamilan, ibu sudah bisa melakukan beberapa usaha untuk bisa mendapatkan buah hati yang sehat dan sempurna sehingga perlu dipelajari dari sekarang.

4 Kiat Mempersiapkan Diri Memiliki Bayi Sehat Sejak Hamil

Kiat Memiliki Buah Hati Sehat Sejak di Dalam Kandungan

Masa kehamilan bisa menjadi akar untuk memiliki bayi atau anak yang sehat maka siapkan diri selama kehamilan dengan beragam perawatan. Berikut adalah kiat tersebut:

  • Konsumsi suplemen mengandung asam folat,

Selama masa kehamilan setiap jadwal kontrol ke dokter kandungan maka akan diberikan berbagai suplemen atau multivitamin. Supaya bayi Anda lahir dan tumbuh dengan sehat disarankan untuk memilih suplemen yang kaya akan asam folat. Apalagi asam folat ini juga punya peran penting dalam perkembangan sel otak pada bayi, tidak hanya sehat nantinya bayi Anda juga menjadi cerdas.

  • Konsumsi makanan yang kaya omega 3,

Untuk memiliki bayi sehat selama hamil ibupun bisa mengkonsumsi makanan yang diperkaya oleh omega 3. Zat bernutrisi ini memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel syaraf di tubuh bayi. Sehingga membantu menyempurnakan pembentukan organ tubuh dan sistem organ di dalam tubuh si kecil. Si kecil pun bisa lahir dalam kondisi yang sehat dan pertumbuhannya pun maksimal. Sumber omega 3 sendiri sering dijumpai pada ikan salmon, telur, tahu, dan bayam.

  • Perbanyak makanan tinggi zat besi,

Selama hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Jika masih tidak mencukupi kebutuhan tubuh ibu yang hamil bisa disokong dengan mengkonsumsi suplemen. Sebab seringnya ibu yang hamil bermasalah dengan minimnya pasokan zat besi ke tubuh padahal zat ini berperan penting dalam mensuplay kebutuhan oksigen di dalam darah yang nantinya dimanfaatkan oleh janin. Jika zat besi tidak terpenuhi dengan baik maka akan membuat janin kekurangan oksigen, perkembangan fisik dan IQ janin akan terlambat.

  • Rutin menyantap buah dan sayuran,

Buah dan juga sayur merupakan dua jenis bahan makanan yang wajib dikonsumsi ibu hamil setiap harinya. Jadikan buah sebagai camilan, jika dirasa masih kurang asupanya bisa dikreasikan menjadi salad buah, salad sayuran, jus buah, dan tentunya jus sayuran. Sebab di dalamnya terkandung mineral dan berbagai zat penting untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Antioksidan yang tinggi pada buah dan sayuran juga baik untuk kekebalan tubuh bayi Anda, sehingga lebih mudah memiliki bayi sehat.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan