4 Langkah Mudah Pemulihan Trauma Melahirkan

Bisa menghantarkan buah hati ke dunia dengan sehat dan selamat merupakan suatu keberhasilan dan kebanggaan yang tak ternilai bagi setiap ibu. Namun ada kalanya meski sudah merasa lega, sang ibu mengalami perasaan trauma karena beberapa alasan, mulai dari rasa sakit yang berlebihan, perasaan tertekan atau stress dan sebagainya. Stress karena trauma melahirkan disebut dengan postpartum depression. Sehingga mereka membutuhkan waktu untuk pemulihan sekaligus kesabaran dari orang-orang yang ada di sekitarnya.

Untuk membantu ibu segera pulih dari trauma pasca melahirkan, lakukan beberapa cara di bawah ini:

  • Beristirahat.

Kelelahan fisik serta kurang tidur bisa mempengaruhi kemampuan ibu untuk berpikir serta membuat keputusan. Salah-salah bisa jadi melakukan kesalahan dalam merawat si kecil. Bila memang perlu bantuan orang lain seperti orangtua atau pengasuh bayi maka jangan ragu untuk mengungkapkannya. Bukan karena ingin merepotkan orangtua, namun Anda tentu akan lebih bisa mempercayakan buah hati Anda pada orangtua Anda daripada dengan orang lain. Dengan meminta bantuan orang lain, Anda bisa fokus untuk beristirahat saat Anda memang benar-benar membutuhkannya.

  • Berbagi cerita.

Setiap persalinan tentu memiliki ceritanya masing-masing, Anda mungkin akan membutuhkan seseorang untuk bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk berbagi cerita, mulai dari suami Anda sendiri, orangtua, saudara atau teman dekat dan sebagainya. Atau mungkin Anda memerlukan konselor atau pembimbing yang bisa membantu Anda mengatasi rasa tertekan, trauma dan perasaan tidak nyaman setelah melahirkan. Hal-hal seperti ini juga bagus sebagai sarana untuk manajemen emosi, sehingga trauma melahirkan tidak sampai menyebabkan sindrom baby blues yang berbahaya.

  • Meditasi.

Sedari dulu, meditasi memang dikenal sebagai sarana untuk melepaskan stress serta membantu Anda menenangkan pikiran. Otomatis, meditasi dapat digunakan untuk mengobati atau membantu pemulihan trauma pasca melahirkan. Ada kelas postpartum yoga atau kelas yoga pasca-melahirkan yang bisa membantu Anda untuk mengatasi trauma Anda. Selain bisa Anda jadikan sebagai kegiatan untuk melepaskan rasa stress dan trauma, dengan mengikuti kelas yoga, tubuh Anda akan kembali bugar dan ramping setelah melahirkan. Tentu inilah yang amat didambakan para ibu pasca melahirkan buah hati.

  • Mengonsumsi makanan yang bergizi.

Proses persalinan membutuhkan kekuatan yang amat besar dan memang sangat menyakitkan, belum lagi para ibu memiliki kewajiban untuk menyusui buah hatinya. Hal inilah yang terkadang membuat para ibu menjadi stress atau depresi, sehingga berpengaruh terhadap produksi ASI. Oleh karena itu, setelah melahirkan, para ibu wajib mengonsumsi segala makanan yang sehat dan bergizi. Konsumsi makanan yang mengandung kalium seperti yoghurt, cokelat, kacang almond, brokoli, ikan, susu, kedelai dan sebagainya. Kalium bisa membantu Anda mendapatkan mood yang baik yang berguna untuk membantu Anda pulih dari trauma melahirkan.

 

 4 Langkah Mudah Pemulihan Trauma Melahirkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *