4 Manfaat Main Sepeda Anak Bagi Buah Hati Anda

4 Manfaat Main Sepeda Anak Bagi Buah Hati Anda

Memperkenalkan sepeda anak pada buah hati sejak dini tentu sangat baik karena manfaat dari kegiatan bersepeda ini sangat besar. Anak-anak yang sudah rajin dan mengenal kegiatan bersepeda terbukti memiliki proses tumbuh kembang yang lebih baik. Saat ini sudah semakin banyak pilihan sepeda khusus untuk anak-anak bahkan beberapa dirancang untuk batita sehingga dipastikan aman. Perkenalkan sepeda sejak dini agar mereka terbiasa bersepeda sejak kecil, tentunya selama bermain sepeda perlu dampingan orang dewasa.

4 Manfaat Main Sepeda Anak Bagi Buah Hati Anda

Manfaat Bersepeda Bagi Anak-anak

Kegiatan bersepeda yang dilakukan oleh anak-anak sejak usia balita ternyata membawa manfaat tersendiri, diantaranya adalah:

  • Belajar menyeimbangkan tubuh,

Melatih tubuh balita agar bisa tetap menjaga keseimbangan sangat penting untuk pertumbuhan tubuhnya. Lewat bersepeda kemampuan untuk menyeimbangkan tubuh ini akan lebih mudah dilatih sejak dini. Sekalipun memakai sepeda roda tiga untuk batita, sebab saat duduk di atasnya bayi anak Anda sudah akan belajar duduk dengan seimbang agar nyaman dan tidak terjatuh sewaktu sepeda tersebut bergerak maju. Jadi silahkan memilihkan sepeda yang tepat untuk mengajarkan keseimbangan bagi si kecil sejak dini.

  • Mendukung kemampuan motorik,

Saat mengayuh sepeda anak maka si kecil akan menggerakkan seluruh bagian tubuhnya terutama tangan dan juga kaki. Sehingga kegiatan bersepeda ini berdampak baik bagi kemampuan motoriknya supaya bisa menggerakkan tubuhnya dengan baik. Sehingga bisa memiliki tangan, kaki, dan seluruh bagian tubuh yang kuat dan tumbuh dengan baik. Kegiatan bersepeda juga termasuk kegiatan bermain sehingga membantu si kecil menikmati proses belajar dan mengasah kemampuan motoriknya tanpa merasa terkekang. Bermain sambil belajar juga bisa mengurangi stress yang dialami anak-anak.

  • Mengasah kemampuan berkonsentrasi,

Bersepeda bagi anak-anak juga menjadi sarana untuk melatih konsentrasi, sebab sewaktu mengayuh sepeda mereka tidak bisa asal. Melainkan harus memperhatikan kondisi jalan di depannya dan belajar mengendalikan arah dan laju sepeda agar sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Kemampuan ini awalnya memang terbatas sehingga tidak heran si kecil mudah jatuh namun jika di asah terus maka akan terus meningkat. Kemampuan berkonsentrasi anak yang berkembang baik bisa membuatnya lebih mudah diajak belajar, bicara, sampai berbagi cerita dan pengalaman.

  • Belajar mengenal arah,

Bersepeda ternyata juga membantu orangtua mengajarkan ilmu tentang arah pada buah hatinya dengan mudah. Biasanya anak-anak akan bersemangat saat diajak bersepeda sehingga bisa memberi sensasi menyenangkan saat mengajarkan arah pada anak. Dimulai dari yang sederhana seperti arah depan dan belakang yang dijamin mudah dipahami oleh si kecil. Kemudian arah ke kanan dan ke kiri untuk kemudahan mereka belok, serta perlahan hafal jalan yang dilalui. Nantinya dengan sepeda anak yang Anda belikan mereka bisa mahir menghafalkan jalan menuju warung, toko, dan sebagainya lalu pulang tanpa tersesat.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan