4 Rekomendasi Deterjen Bayi yang Bagus dan Aman untuk Kulit Bayi

Kebutuhan pendukung bayi selain sabun dan shampoo adalah sabun cuci baju bayi. Umumnya baju, celana, sarung tangan dan kaki, serta selimut adalah hal-hal yang pasti di gunakan bayi dalam kesehariannya. Kondisi kulit bayi yang masing sensitif membuat orangtua juga harus mempertimbangkan jenis deterjen yang cocok untuk pakaian bayi agar nantinya tidak membuat kulit bayi iritasi.

Harga detergen bayi memang bervariasi dan juga mempunyai keunggulan masing-masing. Orangtua bisa memilihnya sesuai budget dan bisa menggunakannya sehari-hari agar stok baju dan celana bayi selalu tersedia dalam setiap saat. Ibu bisa mencuci baju bayi secara manual ataupun menggunakan mesin cuci, namun perlu diperhatikan juga bahwa ketika menumpuk baju bayi dan mencuci baju bayi sebaiknya ibu memisahkan antara baju orang dewasa dan baju bayi agar tidak ada kontaminasi baik bakteri maupun virus.

Sebelum mengetahui apa saja deterjen bayi yang bagus, sebaiknya ibu harus tahu mengenai kriteria dari detergen yang baik untuk bayi, salah satunya adalah tidak menggunakan bahan aditif. Sebenernya pencegahan penggunaan zat aditif dimaksut agar bayi tidak terkena iritasi, namun pemakaian zat aditif dalam produk deterjent biasanya juga masih menjadi tanda tanya karena dalam peraturannya, perusahaan tidak wajib mencatumkan zat aditif jika hanya mengandung 1%-nya saja. Bahan aditif yang dimaksud antara lain pemutih, pengharum, edetic acid (yang berguna untuk mencegah kerusakan dan sedimentasi produk), pewarna, dan lainnya.

Namun ibu bisa tenang karena sebagian besar produk deterjen bayi tidak mengandung senyawa aditif di atas. Jika ditemukan ada pada produk tersebut, senyawa tersebut masih mengandung surfaktan sintesis. Sehingga, jika ibu memang ingin sama sekali menghindari senyawa aditif, sebaiknya menggunakan detergen yang bahan utamanya adalah sabun.

Berikut detergen bayi yang bagus, yang bisa ibu gunakan untuk mencuci baju bayi :

  1. Cycles Mild Laundry Detergent

Produk detergen ini bebas dari bahan aditif. Selain itu, Cycles Mild Laudry Detergent ini diformula secara ringan dan aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Pemakaian produk ini tidak akan meninggalkan residu pada pakaian layaknya mencuci hanya menggunakan air saja. Produk ini bisa digunakan untuk mencuci baju bayi usia 0 sampai 3 tahun.

 

  1. Happyganics Baby All Natural Laundry Soda

Walaupun dibandrol dengan harga yang lumayan mahal yaitu Rp217500, namun tentunya produk ini memberikan keamanan pada bayi. Produk yang berasal dari Amerika menggunakan bahan alami dalam pembuatan deterjen. Selain itu, produk ini tidak mengandung senyawa fosfat, sodium lauryl sulfate, pewarna, dan juga pewangi yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit bayi sensitif. Selain mencuci pakaian, produk ini juga bisa digunakan untuk mencuci boneka bayi, popok, dan juga pakaian orang dewasa juga.

 

  1. Cloud By Velvet Junior

Produk ini memang cocok untuk mencuci pakaian bayi, selain ramah lingkungan, produk ini juga lulus uji hypoallergic yang menyatakan bahwa produk aman untuk kulit bayi yang masih sensitif. Kelebihan lain dari poduk ini adalah hasil cuciannya tidak akan meninggalkan residu pada pakaian.

 

  1. Little Tree Laudry Detergent

Selain cocok digunakan untuk mencuci pakaian bayi, deterjen ini juga bisa digunakan untuk mencuci baju orang dewasa. Produk ini mengandung ekstrak jeruk bali, aloe, dan tea tree yang aman untuk kulit bayi. Selain itu, aroma yang ditimbulkan dari kandungan detergen ini juga lembut sehingga tidak akan menganggu pernapasan bayi.

 

Untuk mendapatkan info yang lebih banyak mengenai produk deterjen bayi yang bagus, silakan baca di sini.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan