4 Tindakan untuk Mencegah Ibu Memiliki Bayi Cacat

Ada sekian hal yang menjadi penyebab bayi cacat sejak lahir, dan paling sering terjadi karena ibu memiliki penyakit atau menjalankan gaya hidup tidak sehat. Kehadiran bayi yang terlahir dalam kondisi cacat memang tidak dapat dicegah dengan upaya relatif singkat. Sebelum hamil 9 bulan dianjurkan bagi para pria maupun wanita sudah memperhatikan gaya hidupnya dengan baik. Ketika menjalani gaya hidup sehat jauh sebelum menikah maka resiko memiliki bayi yang lahir cacat semakin kecil, sehingga wajib sekali dijadikan pertimbangan untuk memperbaiki gaya hidup

Upaya Mencegah Kelahiran Bayi yang Cacat

Bagi siapa saja yang ingin memiliki anak dalam kondisi sehat dan sempurna, maka usahakan untuk memperhatikan apa yang dimakan dan kegiatan harian. Lakukan beberapa upaya berikut untuk memperkecil resiko memiliki buah hati cacat:

  • Konsumsi sumber asam folat setiap hari,

Asam folat merupakan zat yang terkandung dalam makanan dan efektif melindungi perkembangan otak dan tulang belakang. Menghindari bayi lahir dalam kondisi cacat bisa memperbanyak asupan asam folat. Zat bermanfaat ini bisa dijumpai dalam aneka jenis sayuran hijau, kacang-kacangan, dan juga sereal.

  • Berhenti sekaligus menghindari rokok,

Rokok menjadi satu diantara sekian penyebab bayi cacat sejak lahir dan sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian. Bagi ibu hamil yang memiliki kebiasaan merokok umumnya lebih mudah mendapati bayi terlahir dalam kondisi cacat. Resiko yang mengancam mulai dari kelainan jantung pada bayi, kelahiran prematur, bibir bayi terlahir sumbing, sampai resiko keguguran dan bayi lahir meninggal. Berhenti dari kebiasaan merokok sangat dianjurkan, dan hindari pula asap rokok sebab menjadi perokok pasif selama hamil memiliki resiko lebih tinggi.

  • Melakukan vaksinasi,

Selama masa kehamilan usahakan untuk rutin melakukan konsultasi ke dokter kandungan atau bidan yang menangani Anda. Konsultasi ini penting untuk lebih mengetahui apa saja yang perlu dilakukan atau malah dihindari selama hamil. Salah satu upaya yang diberitahukan dokter untuk mencegah kelahiran cacat adalah melakukan vaksinasi. Inilah alasan mengapa selama hamil sering dijadwalkan melakukan vaksinasi selama dua sampai tiga kali. Tanyakan kepada dokter kapan jadwal vaksinasi dan manfaat dari tindakan tersebut.

  • Melindungi tubuh dari infeksi selama kehamilan,

Selama hamil seorang calon ibu juga dianjurkan menjaga diri sendiri dari kemungkinan terkena infeksi virus, kuman, maupun bakteri. Upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi ini beragam, misalnya mencukupi kebutuhan istirahat, makan makanan bernutrisi, dan tentunya menjaga kebersihan. Virus mudah menjangkiti tubuh siapa saja yang menyepelekan fungsi dari mencuci tangan. Selama hamil usahakan tetap steril dan rutin mencuci tangan ataupun menyediakan alkohol di rumah, supaya tidak perlu air untuk membersihkan tangan yang nantinya bisa mencegah bayi cacat.

 4 Tindakan untuk Mencegah Ibu Memiliki Bayi Cacat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *