4 Tips Bayi Sehat Dalam Kandungan Agar Lahir Sempurna

Menjaga bayi sehat pada minggu-minggu awal kehamilan memang wajib dilakukan karena pada rentang waktu tersebut janin masih dalam keadaan rentan keguguran. Sebagai ibu, Anda pasti tidak mengharapkan hal tersebut terjadi.

Sebenarnya, untuk menjaga bayi sehat dalam kandungan tidaklah terlalu sulit. Anda bisa menerapkan cara-cara di bawah ini. Kuncinya hanyalah kemauan untuk menjalankan cara-cara ini secara disiplin.

Menjaga asupan nutrisi

Rasa mual dan tidak nafsu makan memang menjadi bawaan sebagian besar ibu hamil. Namun, ini bukan berarti Anda jadi malas makan. Agar bayi sehat, Anda harus makan lebih banyak makanan yang bernutrisi, meski Anda sedang tidak nafsu makan sekalipun. Ingat, janin yang ada dalam kandungan Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk tumbuh.

Selain memmerhatikan nutrisi yang harus dikonsumsi untuk menjaga kehamilan, ada juga hal yang tak kalah pentingnya yakni larangan yang harus dipatuhi seperti menghindari makanan yang mengandung obat-obatan kimia. Hal ini akan menimbulkan dampak buruk bagi kandungan seperti menyebabkan bayi keracunan.

Baca Juga: ENAM KIAT MUDAH DAN PRAKTIS PERAWATAN BAYI SEHAT

Menjaga emosi

Agar tetap nyaman selama menjalani kehamilan, ibu hamil sebaiknya berusaha mengontrol kondisi emosinya selama masa kehamilan. Kondisi hormon yang berubah-ubah memang membuat ibu hamil menjadi lebih sensitif. Walaupun demikian, rasa sensitif tersebut harus bisa dikendalikan sebab jika dibiarkan bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Menghindari zat-zat yang membahayakan janin

Agar terhindar dari berbagai masalah kehamilan yang membahayakan ibu dan janin, Anda sebaiknya menghindari konsumsi obat-obatan tertentu, kafein, alkohol, dan rokok. Mengonsumsi rokok dan alkohol pada masa kehamilan akan mengganggu perkembangan bayi yang ada dalam kandungan. Ini bisa mengakibatkan kelahiran prematur. Sementara itu, konsumsi kafein dapat menyebabkan Anda terkena anemia.

Menghindari aktivitas berat

Pada awal kehamilan, ibu hamil biasanya akan lebih mudah merasa lelah. Sebagian orang bahkan sampai pingsan. Ini biasanya terjadi karena ibu hamil rentan terkena anemia. Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan memaksakan diri untuk bekerja terlalu berat saat umur kehamilan masih muda. Hindari berdiri terlalu lama, namun jangan duduk terlalu lama juga. Beristirahatlah dengan cukup, namun jangan sampai berdiam terlalu lama juga karena bisa menyebabkan tubuh semakin tidak nyaman.

Selain empat tips utama di atas, Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering berhubungan intim dengan suami Anda. Meski itu sah-sah saja, jika terlalu sering, apalagi bila tidak berhati-hati dalam melakukannya, bisa berpotensi menyebabkan keguguran. Selain itu, Anda sebaiknya tidak mandi dengan cara berendam menggunakan air hangat pada saat Anda sedang mengandung.

Sekian info tentang cara menjaga bayi sehat dalam kandungan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk para ibu hamil dalam menjaga kesehatan bayi yang dikandungnya.

Be Sociable, Share!
 4 Tips Bayi Sehat Dalam Kandungan Agar Lahir Sempurna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *