6 Fakta ASI Eksklusif yang Harus Anda Ketahui

6 Fakta ASI Eksklusif yang Harus Anda Ketahui

Tahukah Anda, jika seorang bayi yang baru lahir sangat dianjurkan meminum ASI eksklusif dari ibunya daripada susu buatan. Mengapa demikian? Kandungan gizi yang terdapat pada ASI ibu jauh lebih komplit dibandingkan susu buatan. Gizi tersebut sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan bayi dan berpengaruh pada perkembangan otaknya hingga dewasa. Adapun beberapa fakta mengagumkan seputar ASI yang perlu Anda ketahui, yaitu:

6 Fakta ASI Eksklusif yang Harus Anda Ketahui

 

  • ASI mengandung dua jenis protein utama

 

Perlu Anda ketahui jika ASI eksklusif yang diberikan sang ibu kepada bayi memiliki dua jenis kandungan protein yang disebut whey dan kasein. Jumlah protein whey yang berfungsi melawan infeksi pada ASI lebih banyak dibandingkan kasein. Penggunaan susu formula untuk bayi diperbolehkan asal kandungan protein whey dan kasein nya sesuai dengan ASI. Jika tidak, bayi Anda akan berisiko mengalami infeksi dan sulit untuk mencerna susu.

 

  • ASI tidak seperti susu sapi

 

Komposisi dan tampilan ASI eksklusif yang dimiliki sang ibu memang sangat berbeda dengan susu sapi. Terlebih lagi jika susu sapi tersebut telah melewati proses pasteurisasi dan proses pencampuran dengan krim. Bagi ibu-ibu menyusui, jangan khawatir jika melihat ASI yang Anda perah terlihat encer atau terpisah menjadi dua lapisan saat proses penyimpanan, memang begitulah seharusnya.

 

  • ASI memiliki warna berbeda

 

Ada beragam warna alami ASI yang bisa Anda jumpai tergantung makanan yang Anda konsumsi. Sebagai contoh, obat bisa mengubah warna ASI eksklusif seorang ibu begitu pun juga dengan makanan lain yang di konsumsi ibu sebelum menyusui bayi.

 

  • Konsistensi ASI tidak pernah sama

 

Di awal sesi menyusui, biasanya ASI yang Anda lihat cenderung memiliki banyak air. Saat ASI mulai keluar, kandungan lemak terus meningkat sepanjang sesi menyusui. Jadi bisa dikatakan, penampilan ASI yang sebelumnya serupa dengan susu skim akan berubah menjadi full krim. Saat bayi selesai menyusui, ASI akan kembali ke tahap pertama untuk mengulang siklus yang sama. Perlu Anda ketahui, semakin panjang durasi menyusui atau memompa, maka akan semakin rendah tingkat lemak ASI.

 

  • ASI tidak bisa diduplikasi

 

ASI eksklusif yang diberikan sang ibu tidak bisa diduplikasi karena tidak ada dua orang ibu yang memiliki ASI yang sama. Sebagai contoh, ASI yang diambil dari satu wanita pada hari ini tidak akan pernah sama dengan sampel yang diambil dari wanita yang sama di hari berikutnya.

 

  • ASI hanya mengandung vitamin yang Anda minum

 

Kandungan vitamin pada ASI eksklusif yang dimiliki seorang ibu menyusui tergantung dengan jenis minuman dan makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui untuk minum suplemen serta menjaga pola makan guna mendapat cukup vitamin A, D, E, K, C, riboflavin, panthothenic acid dan niacin.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan