6 Hal Terkait Sabun Bayi yang Harus Bunda Ketahui

Mandi tak lengkap memang tanpa menggunakan sabun, karena pada dasarnya air hanya sebatas membersihkan saja, tak bisa menghilangkan bakteri yang menempel di kulit juga bau badan. Tak hanya orang dewasa. Bahkan bayi pun juga wajib mandi menggunakan sabun, hanya saja jenis sabun yang dipakai tentunya berbeda, mereka hanya memakai sabun bayi khusus yang banyak dijual di pasaran. Produk sabun yang memang diformulasikan secara khusus untuk kulit bayi yang sensitif.

Berbicara mengenai produk sabun untuk bayi yang banyak dijual di pasaran, kenyataannya tak semuanya menjamin keamanan dan juga kualitas untuk si kecil. Apalagi bagi buah hati yang memiliki jenis kulit sensitif. Kulitnya tipis dan sering kali bereaksi terhadap beberapa jenis kandungan bahan kimia berbahaya. Bukannya membersihkan justru menjadi penyebab adanya ruam kemerahan hingga terkadang rasa gatal di kulit mereka.

Untuk itulah maka bunda juga harus lebih selektif dalam memilihkan sabun bayi yang aman dan tepat bagi si kecil, ketahui dulu beberapa hal ini:

  1. Kandungan parfum berlebih dalam sabun bisa memicu reaksi alergi, faktanya memang ada banyak sekali diantara masyarakat yang memilih sabun dengan aroma wangi menyengat. Padahal bisa di indikasikan kandungan bahan berbahaya yang ada didalamnya. Hal ini juga akan memicu berbagai masalah kesehatan ada kulit mereka, jadi tak boleh asal dalam memilih.
  2. Bahan-bahan alami jauh lebih baik untuk menjaga kulit bayi tetap dalam kondisi yang lembab, diantaranya adalah minyak kelapa, kemudian juga minyak zaitun chamomile dan sejenisnya. Lebih baik mengutamakan sabun dengan kandungan-kandungan tersebut karena kebutuhan utama bagi buah hati adalah kulit yang lembab.
  3. Pilihlah yang hipoalergenik, yaitu suatu kondisi dimana sabun untuk bayi tersebut memiliki kandungan yang ringan, tidak terlalu keras seperti halnya sabun orang dewasa yang memiliki kemampuan mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan-bahan tersebut efeknya sangat berbahaya bagi kulit bayi, apalagi yang sensitif.
  4. Pilihlah sabun yang masih layak digunakan, artinya tidak mendekati masa kadaluarsa ataupun sudah melebihi tanggal kadaluarsanya, karena sabun tersebut sudah tak layak pakai, sehingga bisa menyebabkan masalah di kulit.
  5. Hendaknya memilih sabun yang tidak pedih di mata, kenyataannya refleks mata si kecil untuk berkedip memang belum maksimal, sehingga mereka tak akan bisa menutup mata ketika tengah dimandikan, jadi pastikan hanya menggunakan sabun yang tidak menyebabkan pedih di mata.
  6. Pilih juga sabun dengan kandungan anti iritasi, karena kulit buah hati memang masih rentan terhadap hal yang satu ini.

Setidaknya dengan memperhatikan 6 hal tersebut membuat Anda lebih selektif dalam memilih sabun bayi. Produk sabun yang tak sekedar membersihkan, melainkan juga berikan perlindungan pada kulitnya.

 

 6 Hal Terkait Sabun Bayi yang Harus Bunda Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *