7 Cara Mudah Mencegah Kelahiran Bayi Prematur, Bayi yang Dikandung Bisa Lahir Sehat Tepat Waktu

7 Cara Mudah Mencegah Kelahiran Bayi Prematur, Bayi yang Dikandung Bisa Lahir Sehat Tepat Waktu

Bayi prematur merupakan sebuah kondisi dimana janin lahir sebelum waktunya, karena memang kelahiran tidak pada saat yang tepat maka kemungkinan bayi tersebut masih dalam, kondisi yang lemah, sehingga membutuhkan perawatan lebih, tak jarang bahkan diantaranya yang masih harus ditempatkan dalam ruang inkubator sampai benar-benar siap untuk dibawa pulang. Banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab kelahiran buah hati secara prematur ini, tentunya juga patut untuk diwaspadai para wanita hamil.

7 Cara Mudah Mencegah Kelahiran Bayi Prematur, Bayi yang Dikandung Bisa Lahir Sehat Tepat Waktu 

Agar terhindar dari resiko kelahiran prematur, mengingat angka kematian bayi yang lahir sebelum waktunya juga terbilang cukup tinggi, maka Anda bisa melakukan beberapa hal ini sebagai langkah pencegahan, diantaranya adalah:

  1. Mengontrol berat badan, memang sudah menjadi sebuah hal yang normal jika seandainya semakin tinggi usia kehamilan, maka nantinya membuat berat badan juga jadi semakin bertambah, hanya saja dalam beberapa kondisi seperti diantaranya adalah morning sickness atau mual dan muntah membuat beberapa wanita tidak mau makan, sehingga bukannya berat badan bertambah justru terus turun, hal ini berbahaya bagi kandungan, karena bisa menyebabkan bayi prematur.
  2. Selalu menjaga kebersihan, infeksi virus dan juga bakteri nyatanya juga menjadi hal yang paling rentan sebabkan bayi lahir sebelum waktunya, untuk itu pastikan bahwa kondisi lingkungan Anda, makanan dan semuanya selalu bersih guna mencegah hal ini.
  3. Selalu membiasakan diri untuk sarapan, sebuah study menyebutkan bahwa wanita yang jarang sarapan, apalagi ketika tengah dalam kondisi hamil, nyatanya memiliki resiko yang cukup tinggi terhadap kelahiran bayi sebelum waktunya atau prematur. Untuk itu jangan pernah melewatkan sarapan pagi.
  4. Melakukan vaksinasi, beberapa jenis vaksinasi yang sebaiknya dilakukan diantaranya adalah influenza, virus yang satu ini nyatanya kini berkembang lebih kuat dan juga berbahaya, karena bisa menyebabkan masalah pada kandungan, apalagi ketika kondisi kekebalan tubuh atau sistem imuns tidak begitu baik.
  5. Menjaga pola hidup sehat, diantaranya adalah tetap dengan rajin berolahraga, namun juga pastikan untuk mengetahui pilihan olahraga apa saja yang baik dan tidak untuk para wanita hamil, mengingat memang belum tentu semua jenis olahraga akan aman dilakukan wanita hamil.
  6. Perbanyak mengkonsumsi air putih, untuk mencegah terjadinya dehidrasi, apalagi ini juga mempengaruhi kesehatan janin yang sedang dikandung, dehidrasi juga bisa mengurangi kadar air ketuban dalam kandungan.
  7. Rutin mengecek kehamilan, dianjurkan untuk secara rutin datang ke bidan atau dokter kandungan untuk mencegah hal-hal yang mungkin terjadi, juga berguna dalam mengontrol kesehatan dari janin.

Cukup dengan menerapkan 7 hal di atas maka Anda akan terhindar dari kelahiran bayi prematur, buah hati akan lahir sehat tepat pada waktunya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan