8 Mitos Bayi Salah yang Berkembang di Masyarakat

Banyak orang tua yang masih memiliki kepercayaan pada tradisi terdahulu, khususnya adalah untuk buah hati atau mereka yang baru melahirkan. Diantara mitos bayi yang berkembang di tengah masyarakat, beberapa diantaranya memang benar. Namun sebagian banyak justru salah. Kepercayaan-kepercayaan yang tak didasari dengan bukti secara nyata, bahkan arahnya lebih kepada kesesatan atau tidak baik bagi buah hati Anda.

Berikut ini ada beberapa mitos terkait dengan bayi yang salah dan agaknya harus Anda ketahui, agar tak sampai termakan omongan orang, diantaranya adalah:

  1. Wajib menggunakan pakaian gurita pada bayi yang baru lahir hingga usia 1 bulan untuk mencegah masuk angin. Sebuah hal yang sering kali dilakukan oleh orang-orang pada bayi mereka. dengan tujuan mencegah masuk angin, padahal faktanya tak ada hubungannya antara masuk angin dengan pakaian gurita, justru dengan menggunakan jenis pakaian tersebut maka bayi akan mengalami kesulitan di dalam bernapas dan juga dinding-dinding perut menjadi lemah, karena memang terlalu banyak diikat.
  2. Potong kuku tak boleh dilakukan sebelum si kecil menginjak usia 40 hari, waktu yang cukup untuk membuat kuku mereka jadi semakin panjang, pastinya berbahaya juga untuk si kecil, karena kuku tersebut bisa menggores bagian tubuh mereka.
  3. Membedong kaki bayi, mitos bayi lainnya adalah cara membedong hingga benar-benar kuat, anggapan untuk mencegah kaki tumbuh tidak normal, namun perlu untuk diketahui bahwa dengan membedong ini maka akan menghambat pertumbuhan atau perkembangan motorik bagi anak Anda.
  4. Setelah 40 hari maka wajib mengajak bayi jalan-jalan ke tempat yang agak jauh, sebenarnya hal yang semacam ini justru dilarang, karena hanya dengan usia 40 hari tak menjadikan kekebalan tubuhnya semakin baik, apalagi jika diajak ke tempat umum atau keramaian.
  5. Memandikan bayi dengan air dingin, mitos ekstrim yang menganggap bahwa air dingin bisa menyebabkan bayi menjadi semakin kuat, namun sebenarnya tidak, karena di usia yang masih sangat dini sebenarnya memandikan si kecil dengan air dingin hanya akan membuat tubuhnya menjadi semakin rentan terhadap penyakit. Khususnya adalah flu dan demam.
  6. Cukur rambut agar bertambah tebal, padahal sebenarnya tebal atau tipisnya rambut anak sama sekali tak dipengaruhi oleh mencukur atau tidaknya, begitu juga dengan bentuknya yang lurus maupun keriting, semuanya berasal dari genetik orang tua.
  7. Memberikan kopi untuk mengatasi kejang, padahal efek dari kopi atau kafein sendiri justru akan memacu denyut jantung bayi menjadi semakin tinggi atau semakin deg-degan.
  8. Cabe rawit bisa membuat lesung pipit buah hati, padahal sama sekali tak ada hubungannya dengan pembentukan otot-otot pipi buah hati Anda.

Jadi jangan langsung percaya dengan mitos bayi tersebut.

 

 8 Mitos Bayi Salah yang Berkembang di Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *