8 Tanda-Tanda Bayi Sehat

Kerap, orang tua mengalami kesulitan mengenali tanda-tanda bayi sehat, apalagi jika bayi baru lahir sampai usianya 6 bulan. Padahal pada usia tersebut sangat penting mengetahui tanda-tanda apakah bayi Anda sehat atau tidak, karena di usia tersebut bayi sangat rentan dan belum bisa menunjukkan ekspresi.

Kadang terjadi salah paham mengenai kondisi bayi, hal tersebut bisa menyebabkan penanganan yang kurang tepat. Berikut ini adalah cara mengecek tanda bayi Anda sehat.

  • Bayi Tenang Dengan Suara Dan Sentuhan

Tanda bayi sehat adalah mengalami perkembangan secara emosional. Salah satunya adalah ia akan merasa tenang dengan sentuhan lembut dan suara Anda (ibu). Karena pada waktu bayi di dalam kandungan ia kerap mendengar suara Anda. Bayi akan merasa tenang, artinya ini bisa menjadi tanda berkembangnya emosional bayi.

  • Mengganti Popok 8-10 Kali Dalam Sehari Dan Berat Badannya Bertambah

Tanda bayi berikutnya adalah berat badannya bertambah. Itu tandanya asupan nutrisinya (ASI) cukup. Jadi untuk mengetahuinya adalah dengan cara memberikan popok kain, agar mengetahui berapa kali Anda harus mengganti popok.

Saat bayi baru lahir, ia hanya memerlukan susu 60 ml per kg berat badannya per hari. Kebutuhan tersebut akan terus bertambah seiring umur dan kebutuhannya. Pada saat bayi berumur 10 hari berat badannya akan bertambah sampai 10% dan terus mengalami kenaikan.

  • Bayi Lebih Tenang Dan Bisa Fokus/ Memusatkan Perhatian Walaupun Sesaat

Tanda bayi sehat yang ketiga adalah ia mulai belajar mengamati sekelilingnya. Saat minggu pertama, waktu bayi hanya diisi dengan menyusu, tidur dan menangis. Pada saat bayi mulai bisa mengendalikan otot matanya, ia bisa memusatkan padangan ke arah tertentu dan terdiam. Sebenarnya ia sedang belajar mengenali sekitarnya.

  • Mengenali Suara

Tanda bayi sehat adalah ia mulai dapat mendengar dan mengenali suara. Termasuk saat Anda panggil namanya.

  • Menyukai Warna, Bentuk Dan Gerakan

Tanda bayi sehat adalah penglihatan dan otaknya mulai berkembang. Matanya akan mengikuti pergerakan mainan yang Anda pindahkan dari sisi satu ke sisi lainnya. selain itu ia bisa mengenali cahaya dan gerakan.

  • Melakukan Kontak Mata, Tersenyum Dan Tertawa

Biasanya kontak mata terjadi saat bayi berumur 1 bulan, pada usia 2 bulan ia sudah bisa tersenyum dan di usia 3 bulan ia sudah bisa tertawa. Hal tersebut bisa dijadikan tanda bahwa bayi Anda sehat.

  • Tidur Nyenyak Dan Jarang Menangis

Jika bayi mulai tidur siang di jam yang sama dan tidur malamnya lebih lama, bisa menjadi tanda bahawa sistem syarafnya sudah menyesuaikan dengan rutinitas.

  • Bayi Mulai Menyangga Berat Tubuhnya

Tanda bayi sehat berikutnya adalah otot-ototnya mulai menguat. Pada usia 3 bulan ia sudah mulai bisa menyangga kepalanya dan melakukan beberapa keahlian. Itulah beberapa tanda bahwa bayi Anda sehat. Semoga artikel ini bermanfaat!

 8 Tanda-Tanda Bayi Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *