9 Jenis Makanan Bayi yang Baik Bagi si Kecil

9 Jenis Makanan Bayi yang Baik Bagi si Kecil

Sebagai orangtua, selain memperhatikan perkembangan tumbuh kembang, emosional, juga perlu memperhatikan asupan gizi sang bayi. Beragam makanan sehat yang baik untuk bayi dapat dengan mudah Anda jumpai. Berikut beberapa jenis makanan bayi yang baik bagi tumbuh kembang si kecil antara lain.

9 Jenis Makanan Bayi yang Baik Bagi si Kecil

  1. Blueberry

Buah yang satu ini memiliki warna biru gelap dan berasal dari flavonoid yang disebut anthocyanin. Blueberry sangat baik untuk mata, otak dan juga saluran kemih si kecil. Anda bisa menambahkan yogurt atau gula jika si kecil ingin menyantapnya.

  1. Yogurt

Pada usia 6 bulan, Anda diperbolehkan untuk memberi makanan berupa yogurt. Makanan bayi yang satu ini sangat bermanfaat dalam mendorong sistem imun dan meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Yogurt terbuat dari kalsium dan juga vitamin D yang sangat baik. Anda bisa memilih merek produk yogurt yang memiliki kultur bakteri hidup yang paling banyak sehingga mampu mengatur bakteri baik di dalam perut.

  1. Sayuran Hijau Gelap

Makan sayur mayur juga merupakan jenis makanan bayi yang sangat baik dan menyehatkan. Seperti yang kita ketahui, sayuran hijau mengandung zat besi dan juga folat yang tinggi. Selain itu, juga ada kale, chard, dan collard.

  1. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini juga baik untuk tumbuh kembang sang bayi. Mengandung serat, folat, kalsium, sayur ini dikenal sangat ampuh mencegah penyakit kanker. Rasanya yang unik dikarenakan komponen sulfur yang memperkaya rasa brokoli.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini merupakan jenis sumber lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil. Sama halnya dengan ASI, alpukat juga mengandung komposisi lemak yang cukup komplit. Bermanfaat untuk perkembangan otak dan baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Daging

Menu makanan bayi yang satu ini mengandung zinc dan zat besi yang sangat baik untuk tubuh. Anda bisa membuat sup daging untuk si kecil supaya perkembangannya semakin hari semakin membaik. Namun, pastikan daging yang Anda masak benar-benar sudah bisa ia cerna dengan baik.

  1. Lentil

Lentil ini kaya akan protein dan juga fiber. Makanan bayi ini adalah makanan sehat yang tergolong murah.

  1. Buah Plum

Plum memilih kandungan serat yang cukup banyak dan mampu mengatasi sembelit yang sering dialami oleh bayi. Anda bisa membuatnya menjadi jus atau langsung dicampur dengan makanan penunjang lainnya seperti sereal dan lain sebagainya.

  1. Jeruk Mandarin

Buah Jeruk memang sudah tak asing lagi dikenal. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada jeruk mandarin merupakan salah satu makanan bayi yang cukup ringan dan sangat disukai oleh bayi. Selain rasanya yang manis, jeruk juga sangat bayi untuk kesehatan tubuh si kecil.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan