Aneka Makanan Sehat Bayi untuk Awal Asupan Selain ASI

Bayi di usia menginjak 6 bulan, sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping selain ASI. Namun tidak sembarang makanan bisa diberikan pada bayi apalagi jika bayi Anda baru di tahap awal pengenalan makanan. Makanan yang bersih, sehat dan bertekstur lembutlah yang terbaik untuk bayi usia 6 bulan ke atas yang disesuaikan dengan sistem pencernaan dan sistem kunyahnya yang belum sempurna. Bagi Anda yang memiliki bayi berusia 6 bulan dan ingin mulai memberikan makanan tambahan, berikut ini adalah aneka makanan sehat bayi yang bisa mulai diperkenalkan.

Usia 6 bulan memang menjadi usia yang dianjurkan bagi orang tua untuk mulai memberikan makanan tambahan diluar ASI pada bayi mereka. Selain takaran usia, maka ada tanda-tanda lain agar Anda sebagai orang tua sudah mulai bisa memikirkan asupan makanan lainnya diluar ASI yaitu:

  • Bayi sudah memiliki bobot badan 2 x bobot semula.
  • Bayi sudah bisa mengangkat leher dan kepala.
  • Bisa menahan makanan atau mengunyah kecil.
  • Mulai memasukkan benda-benda ke mulut.
  • Terlihat masih lapar meski sudah diberi ASI sesuai porsinya.

Baca Juga: Berikan Makanan Sehat Bayi Sesuai dengan Usianya

Acuan tersebut di atas juga bisa digunakan selain menghitung usia bayi. Terkadang bayi dengan pertumbuhan yang lebih cepat membutuhkan makanan pendamping juga lebih cepat dari bayi yang lainnya. Faktor lain yang juga sering menjadi alasan adalah kurangnya ASI ibu yang dihasilkan untuk bisa memenuhi kebutuhan bayi setiap harinya. Namun jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter anak, bidan atau posyandu mengenai saat yang tepat untuk mulai memperkenalkan makanan sehat bayi.

Jenis makanan sehat yang pertama pastinya adalah sumber kalori atau karbohidrat seperti nasi merah yang dibuat bubur. Selain nasi merah, ada juga yang menggunakan toddler biskuit bayi yang dilembutkan. Untuk pelengkapnya pastikan bayi Anda mulai mengenal sayur sedari dini seperti brokoli, wortel, kacang merah, bayam dan sayuran lain yang kaya gizi. Jangan memasak sayur seperti pada manusia dewasa, sayur bisa di blender terlebih dahulu bersama atau terpisah dari nasi sehingga lembut dan mudah untuk dicerna. Untuk sumber protein hewaninya bisa diberikan daging giling yang telah dihaluskan sedikit demi sedikit dan juga hati ayam.

Itulah aneka makanan sehat bayi yang bisa mulai Anda perkenalkan ketika bayi sudah berusia 6 bulan atau ketika bayi mulai menunjukkan kebutuhannya akan asupan makanan yang lebih dari ASI. Namun meski bayi sudah mulai makan makanan pendamping, tetap berikan ASI untuk bayi minimal hingga ia berusia 2 tahun agar bayi memiliki kekebalan tubuh yang sempurna. Dengan asupan makanan yang sehat dan lengkap, diharapkan bayi Anda akan tumbuh menjadi anak yang memiliki kekebalan tubuh baik sehingga tidak gampang sakit hingga dewasa.

 

 

 

Be Sociable, Share!
 Aneka Makanan Sehat Bayi untuk Awal Asupan Selain ASI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *