Aneka MPASI Sehat untuk Bayi Anda

Asi merupakan makanan utama bagi bayi hingga ia berusia 6 bulan. Setelah bayi menginjak usia 6 bulan barulah ia dianjurkan untuk mendapatkan makanan pendamping ASI atau lebih dikenal dengan mpasi. Mpasi ditujukan untuk mulai memperkenalkan bayi pada makanan yang sebenarnya dan sebagai sumber penambah nutrisi dan gizi yang tentu semakin banyak dibutuhkan seiring dengan bertambahnya usia bayi dan bertambah besar bobot badannya. Namun mpasi yang diberikan pada bayi tidak boleh sembarangan seperti pada anak usia lainnya. Bagi Anda yang ingin memberikan mpasi sehat pada bayi Anda, berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang dianjurkan:

  • Beras merah.

Beras merah merupakan sumber karbohidrat yang sering digunakan untuk dijadikan bubur bayi. Beras merah dikenal lebih baik dibandingkan beras putih karena memiliki kandungan protein yang lebih tinggi untuk keperluan metabolisme bayi. Selain protein, beras merah juga lebih kaya akan mineral seperti selenium, magnesium, kalium, natrium dan sebagainya.

  • Sayuran hijau.

Meski bayi belum makan sayuran seperti manusia, namun Anda bisa menghaluskan sayuran tersebut untuk bersama-sama diberikan dengan bubur beras merah. Sayuran yang sangat baik untuk bayi adalah bayam, brokoli, wortel, jagung, dan sayuran hijau lainnya. Berikan bayi Anda sayuran yang beragam untuk mengawali pola makan sehat dengan sayur. Hal ini juga baik dilakukan agar bayi tidak tumbuh menjadi anak yang pemilih makanan.

  • Hati ayam atau sapi.

Hati ayam atau sapi banyak mengandung protein penting yang diperlukan oleh tubuh bayi. Hati bisa direbus hingga lembut dan dijadikan campuran bubur. Selain mengandung protein, hati juga banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh bayi.

  • Biskuit susu.

Bagi ibu yang merasa repot untuk mempersiapkan mpasi sendiri maka bisa memilih biskuit susu bayi untuk di hancurkan dan dilembutkan. Biskuit bayi bisa menjadi makanan sehat bagi bayi dengan porsi yang sesuai dan jadwal yang teratur.

Selain daftar makanan sehat yang dianjurkan untuk mpasi, ada beberapa bahan makanan yang harus dihindari untuk diberikan pada bayi diantaranya:

  • Msg.

Jangan sekali-kali memberi bayi Anda olahan makanan yang mengandung MSG karena bisa mengganggu kondisi tubuhnya apalagi jika msg diberikan secara rutin dalam jumlah yang banyak.

  • Gula.

Pemberian gula pada bayi harus dibatasi agar bayi tidak mengalami obesitas dan menderita diabetes.

Itulah daftar bahan mpasi sehat yang bisa Anda pilih untuk membuat olahan makanan bayi Anda. Perhatikan juga bahan makanan yang tidak boleh digunakan agar bayi tetap sehat dan berkembang dengan baik. Bayi yang terpenuhi kebutuhan gizinya akan bisa berkembang dengan baik dan memiliki tubuh yang tidak mudah terserang penyakit hingga dewasa kelak.

 Aneka MPASI Sehat untuk Bayi Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *