Antisipasi Dini Saat Gigi Bayi Tumbuh

Antisipasi Dini Saat Gigi Bayi Tumbuh

Bagi para orangtua yang memiliki bayi pasti akan menunggu momen berharga pada setiap pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu momen yang ditunggu adalah tumbuhnya gigi bayi karena biasanya bayi menjadi lebih rewel. Ketidaknyamanan yang dialami bayi ini disebabkan rasa gatal dan sakit akibat tumbuhnya gigi susu.

Antisipasi Dini Saat Gigi Bayi Tumbuh

Tumbuhnya gigi bayi dialami berbeda-beda pada masing-masing bayi bahkan ada yang sejak lahir sudah nampak pertumbuhannya. Pada umumnya gigi susu akan tumbuh pada usia 6 bulan yang dimulai dari 2 gigi bawah paling depan kemudian 2 gigi atas paling depan. Gigi susu baru lengkap seluruhnya saat menginjak usia 3 tahun.

Meskipun momen tersebut membahagiakan para orangtua, namun hal sebaliknya dirasakan oleh si bayi karena merasa tidak nyaman dan lebih rewel dari biasanya. Ciri-ciri umum yang sering muncul saat gigi bayi tumbuh adalah si bayi suka memasukkan dan menggigit benda yang sedang dipegangnya, produksi air liur lebih banyak, sulit tidur, sulit diajak makan bahkan ada yang hingga demam. Agar dapat meminimalisir rasa tidak nyaman dan rewelnya si bayi saat gigi susunya mulai tumbuh, maka para orangtua dapat mengantisipasinya dengan cara sebagai berikut:

Mainan Teething/ Teether

Teether adalah mainan dengan bentuk lingkaran yang aman dimasukkan pada mulut bayi dan sangat mudah digenggam. Sebelum mainan ini digunakan, biasanya didinginkan terlebih dahulu agar meredakan gatal pada gusi saat gigi bayi yang mulai tumbuh. Teether tersedia dengan berbagai bentuk, bahan dan merek sehingga Anda harus teliti dan cermat sebelum membelinya agar nantinya tidak membahayakan kesehatan bayi Anda.

Camilan Sehat

Jika Anda bingung dengan makanan yang layak dikonsumsi atau mainan yang aman bagi bayi, sebaiknya Anda memberikan camilan sehat seperti sepotong apel atau sepotong wortel sebagai menstimulus dalam pertumbuhan gigi susu bayi. Yang perlu diperhatikan adalah hindari makanan atau camilan yang mengandung gula seperti cokelat yang justru akan merusak pertumbuhan gigi dan harus ada pendampingan agar bayi Anda tidak tersedak.

Minuman Dingin

Cara selanjutnya untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi adalah memberikan minuman dingin pada bayi Anda. Minuman dingin dapat meminimalkan rasa nyeri dan gatal pada gusi bayi. Pastikan minuman tersebut tidak terlalu dingin agar tidak menambah rasa ngilu pada gusi.

Usap Gigi Bayi

Para ibu biasanya selalu bersama si bayi dan mengikuti tumbuh-kembangnya setiap hari, pada saat bayi Anda mulai tumbuh gigi, Anda dapat mengusap gusinya dengan jari maupun kain yang lembut dan bersih. Tekanan ringan ini diharapkan dapat mengurangi rasa gatal sehingga bayi merasa lebih nyaman. Selain itu sering-seringlah mengelap wajah bayi untuk menghindari ruam di sekitar mulut akibat air liur. Mengapa? Karena saat gigi bayi mulai tumbuh, produksi air liurnya lebih banyak dari biasanya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan