Asupan Asi Bayi Ideal Harus Berapa Banyak? Inilah Ulasannya!

ASI adalah makanan bayi yang terbaik dimana di dalamnya sudah ada banyak sekali vitamin dan juga nutrisi yang lengkap untuk si kecil. Banyak sekali Ibu yang kini mengusahakan untuk bisa memberikan si kecil ASI secara eksklusif sehingga diharapkan anak bisa tumbuh sehat dan nutrisinya terpenuhi. Mungkin banyak Ibu baru yang berharap agar bayi bisa menyusu lama ketika menghisap ASI sehingga Ia bisa menyusu dalam jumlah banyak dan kenyang. Tapi faktanya ASI bayi hanya bisa menyusu sekitar 20 menit saja di tiap payudara.

Mungkin banyak Ibu yang khawatir ketika bayinya yang baru lahir mengalami penurunan berat badan. Pada dasarnya hal ini normal saja karena bukan berarti bayi Anda kekurangan ASI. Nantinya bobot bayi akan bisa bertambah kembali setelah 5 sampai 7 hari atau lebih. Perlu diketahui juga jika kebutuhan ASI bayi berbeda-beda. Nantinya Anda akan menyadari jika si kecil akan bisa menyusu dalam jumlah yang kecil dan terus meningkat. Tapi jangan dipaksakan karena menyusui bayi tidak perlu selalu dalam jumlah yang besar.

Untuk bayi baru lahir, berikut ini sedikit gambaran tentang berapa rata-rata ASI yang dibutuhkan bayi setiap sekali menyusu:

  • Hari pertama, sekitar 7 ml ataupun satu sendok teh lebih.
  • Hari kedua, sekitar 14 ml ataupun hampir tiga sendok teh.
  • Hari ketiga, sekitar 38 ml.
  • Hari keempat, sekitar 58 ml.
  • Hari ketujuh, sekitar 65 ml.

Baca Juga: Cara Menyusui dan Memberikan ASI Bayi dengan Tepat untuk Para Pekerja!

Sedangkan untuk frekuensi dari menyusunnya di bulan pertama, bayi menyusu sekitar 8 sampai 12 kali seharinya. Ketika sudah masuk bulan pertama ke bulan kedua maka frekuensi menyusunnya justru akan berkurang dari 7 ke 9 kali per hari. Umumnya frekuensi ini akan lebih tinggi dibanding bayi yang minum susu formula. Alasannya adalah karena ASI bisa dicerna dengan lebih cepat dan keluar sistem pencernaan dengan cepat juga. Tak heran jika si kecil pun sering merasa lapar.

 

Agar bisa memastikan kecukupan ASI pada bayi, maka berikut ini beberapa tandanya:

  • Bayi yang menyusu melepaskan payudara dengan sendirinya.
  • Bayi akan mengeluarkan bunyi menelan yang lembut.
  • Setelah menyusu Anda bisa melihat bahwa bayi tenang dan tidak rewel.
  • Karena air susu terkuras, maka payudara Anda akan lembek.
  • Bayi bisa kencing setiap beberapa jam.
  • Kotoran bayi berubah warna yakni dari warna gelap jadi warna kekuningan dan tekstur lembut.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ASI bayi. Untuk yang baru pertama kali jadi Ibu mungkin akan bingung, namun tidak mengapa karena ini semua bisa dipelajari. Jika memang ada masalah apapun dengan bayi, jangan sungkan tanyakan ke dokter sehingga bisa diberi penanganan.

 

Be Sociable, Share!
 Asupan Asi Bayi Ideal Harus Berapa Banyak? Inilah Ulasannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *