Bahan Mpasi Sehat Dengan Buah-Buahan

Setelah buah hati Anda memasuki usia enam bulan, sudah saatnya diperkenalkan makanan tambahan yang bernutrisi. Memberikan Mpasi tidak boleh sembarangan, karena sistem pencernaa bayi masih sangat sensitive. Mpasi sehat adalah makanan tambahan yang menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan dengan cara pengolahan yang benar.

Pada dasarnya memberikan Mpasi sehat pada bayi tujuanny adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Oleh sebab itu, para ibu harus mengetahui bahan makanan apa saja yang tepat diberikan dan yang tidak boleh diberikan.

Ada banyak bahan makanan yang mengandung nutrisi baik dan terbukti aman untuk bayi. Adapun kandungan makanan yang dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang bayi adalah: zat besi, zat mineral, folat, beragam vitamin, zat seng dan kandungan lainnya.

Ada banyak makanan bayi cepat saji yang bisa Anda dapatkan disupermarket atau swalayan, namun sebaiknya jangan terlalu sering memberikan makanan instan ke bayi. Sebaiknya buat sendiri makanan tambahan si kecil. Walaupun membutuhkan waktu membuatnya, demi buah hati Anda sudah seharusnya siap melakukannya. Makanan yang dibuat sendiri lebih sehat, higienis. Selain itu keuntungan membuat makanan sendiri bisa dengan bebas menentukan bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga: BEBERAPA JENIS MPASI SEHAT

Anda bisa memberikan makanan bayi cepat saji, namun sebaiknya hanya pada waktu atau kondisi yang tidak memungkinkan untuk membuatnya sendiri, misalnya: jika Anda sedang berada di luar rumah.

Anda bisa memberikan makanan tambahan saat awal perkenalan dengan bahan buah-buahan. Alasannya, buah-buahan termasuk jenis makanan yang aman dan mudah dicerna oleh bayi. Buah-buahan yang Anda pilih, terlebih dulu diolah/ diproses menjadi pure cair. Pada tahap perkenalan, beri pure secara bertahap. Artinya berikan pertama-tama pure yang strukturnya halus, lembut dan cair. Berikan beberapa sendok makan saja. setelah itu baru bisa memberikan pure yang agak padat. Memberikan makanan secara bertahap maksudnya agar bayi terbiasa/ adaptasi dengan rasa, teksture makanan yang baru. Selain itu pencernaan bayi masih sangat rentan, jadi harus memberikan makanan yang cair, halus baru kemudian agak padat.

Menambah kekentalan Mpasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keterampilan makan buah hati Anda. Nah, berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang cocok dijadikan bahan Mpasi untuk bayi.

  • Jeruk, ada banyak jeruk yang bisa dijadikan Mpasi, yaitu: jeruk baby, keprok, orange. Cara membuatnya dengan diperas lalu disaring.
  • Papaya, melon, alvocat, jambu biji merah, semangka, mangga. Cara membuatnaya terlebih dulu buah dikupas, dihaluskan lalu tambah air dan saring.
  • Pisang ambon. Cara membuatnya bisa dikupas lalu dihaluskan atau bisa dengan cara dikeruk menggunakan sendok.
  • Pir,apel merah. Cara membuatnya pertama-tama buah dibersihkan lalu dikupas dan dibuang bijinya. Saat pertama kali memberikan buah ini caranya bisa dengan dikukus untuk menghasilkan tekstur yang lembut.

Nah setelah bahan buah-buahan, Anda bisa melanjutkan memberikan Mpasi sehat dengan bahan sayur-sayuran.

Be Sociable, Share!
 Bahan Mpasi Sehat Dengan Buah-Buahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *