Bahaya Bubur Bayi Instan Bagi Bayi

Bagi ibu menyusui yang juga bekerja biasanya tidak punya waktu untuk membuat bubur untuk sang buah hatinya. Sebagian besar dari mereka memilih untuk membeli bubur bayi instan yang sudah tersebar di masyarakat luas. Namun, tahukah Anda bahaya bubur bayi instan bagi sang buat hati Anda?

Berikut penjelasannya bubur bayi :

  • Nutrisi Tidak Seimbang

Disebut nutrisi tidak seimbang karena proses pembuatan bubur instan untuk bayi melalui banyak tahap seperti diproses dengan suhu yang tinggi kemudian disterilkan. Pada dasarnya memasak sesuatu dengan suhu yang terlalu tinggi dapat mengurangi kadar nutrisi dari awalnya. Apalagi dimasak dalam waktu yang lama, tentu saja nutrisinya juga tidak sempurna. Untuk itu bayi boleh saja di beri bubur instan, akan tetapi jangan berlebihan apalagi sering. Karena disini akan menghambat bayi untuk lebih mengenali cita rasa yang lainnya.

  • Dapat Menyebabkan Alergi

Beberapa bayi yang diberi bubur instan diantaranya mengalami alergi seperti gatal gatal, demam maupun muntah. Hal ini terjadi karena sistem imun bayi menolak asupan bubur tersebut, dimana dalam beberapa bubur bayi memiliki kandungan zat yang kadang tidak cocok untuk beberapa bayi.

  • Susah Makan

Ketika bayi sudah sering diberi bubur instan secara rutin, nantinya ketika ia tumbuh akan mengalami kebiasaan buruk susah makan. Hal ini terjadi karena asupan yang ia terima hanya itu itu saja tanpa ada selingan buah-buahan atau makanan bayi lain.

Baca Juga: Seputar Dunia Bayi, Cara Menambah Berat Badan Bayi

  • Gangguan Pencernaan

Setiap kemasan produk bubur bayi instan tentunya sudah diberi pengawet. Pengawet inilah yang nantinya dapat menggangu sistem pencernaan bayi Anda. Apabila bubur instan diberikan secara berkala dan rutin nantinya sang bayi akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare dan rasa tidak nyaman. Untuk menghindari hal itu sebaiknya perhatikan kondisi bayi Anda, apabila bayi sudah menunjukkan reaksi yang tidak baik sebaiknya pemberian bubur instan diberhentikan.

  • Menurunkan Sistem Imunitas

Bayi yang sering diberi bubur instan akan mengalami kekurangan nutrisi dan gizi yang dapat menyebabkan sistem imunitasnya berkurang sehingga bayi rentan terhadap serangan penyakit, baik dari luar maupun dari dalam.

  • Meningkatkan Asam Lambung Bayi

Bubur bayi yang diproses melalui beberapa tahap tentunya juga memiliki kandungan zat kimia yang membahayakan untuk pencernaan bayi. Diantaranya dapat meningkatkan asam lambung pada bayi yang nantinya dapat menyebabkan bayi terkena penyakit maag ataupun tipes

Apabila anda ingin tetap memberikan bubur bayi pada bayi anda, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut :

  1. Tanggal Kadaluarsa
  2. Cara Penyimpanan
  3. Cara Penyajian
  4. Sesuaikan Dengan Umur Bayi

Itulah pembahasan mengenai bahaya bubur bayi instan untuk bayi dan juga beberapa resep membuat bubur bayi yang sehat dan bergizi bagi sang buah hari Anda. Bijaklah dalam memilih yang terbaik untuk sang buah hati Anda

Be Sociable, Share!
 Bahaya Bubur Bayi Instan Bagi Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *