Bayi Lapar Terus Menerus, Ini Dia Hal yang Mungkin Menjadi Penyebabnya

Bayi Lapar Terus Menerus, Ini Dia Hal yang Mungkin Menjadi Penyebabnya

Memberikan ASI memang menjadi salah satu kewajiban bagi sang ibu, dimana ASI menjadi satu-satunya asupan gizi yang mereka terima selama 6 bulan pertama kelahirannya. Pemberian ASI pun sebenarnya harus diperhatikan oleh sang ibu, karena jika kekurangan maka pastinya akan berdampak buruk pada si kecil, begitu juga jika memberikan terlalu banyak, maka hal ini juga dapat membuat si kecil mengalami beberapa masalah. Anda harus mengetahui kadar yang tepat untuk membuat mereka tidak merasa lapar dalam jarak waktu yang dekat. Namun sekarang ini banyak orang tua yang mengalami masalah dimana mereka sudah memberikan kadar ASI yang tepat dan sesuai yang dianjurkan oleh dokter, namun tiap kali bayi lapar terus menerus meski sudah diberikan makanan tersebut. Mungkin Anda harus mengetahui berbagai hal yang menyebabkan mereka selalu merasa lapar meski sudah diberi asupan gizi. Berikut inilah beberapa penyebabnya:

Bayi Lapar Terus Menerus, Ini Dia Hal yang Mungkin Menjadi Penyebabnya

  • Jadwal Pemberian ASI yang Tidak Fleksibel

Biasanya ketika bayi baru lahir maka sang ibu pun harus sesering mungkin memberikan ASI, yakni memberikan mereka satu kali setiap 2 hingga 3 jamnya. Namun jika mereka sudah menunjukkan bahwa mereka lapar, maka jangan menunggu waktu yang sesuai dengan jadwal pemberiannya, Anda harus segera memberikan mereka ASI dan membiarkan mereka untuk mengonsumsinya sampai dirasa sudah kenyang.

  • Waktu Tidur Sangat Lama

Bayi memang membutuhkan tidur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Namun, Anda juga harus memperhatikan waktu tidur mereka, jika terlalu lama, maka mereka akan kekurangan asupan gizi dari ASI. Hal inilah yang paling sering membuat bayi lapar terus menerus. Meski si kecil sedang tertidur, namun jika sudah jadwalnya untuk pemberian ASI, maka jangan segan untuk membangunkannya atau setidaknya membuat mereka terjaga lebih lama.

  • Tidak Sehat

Jika sang ibu tidak memperhatikan kesehatan mereka, misalnya dengan mengonsumsi alkohol, kafein, bahkan merokok, maka hal ini dapat membuat pasokan ASI serta kualitasnya menurun. Hal inilah yang membuat jumlah ASI semakin menipis sehingga si kecil pun kekurangan asupan gizi dan membuat mereka sering merasa lapar meskipun sudah mengonsumsi ASI tersebut. Pastikan untuk hidup sehat agar Anda dapat memberikan asupan gizi pada sang bayi kapan pun yang mereka inginkan.

  • Tidak Menempel

Penyebab lainnya yang membuat bayi lapar terus adalah karena ketika diberikan ASI, mulut si kecil tidak menempel dengan benar pada payudara sang ibu. Hal ini membuat mereka menjadi lebih sedikit mengonsumsi ASI, serta memberikan dampak yang buruk juga terhadap sang ibu. Akan lebih baik ketika menyusui, pastikan jika mulut mereka menempel dengan benar sehingga mereka pun dapat menghisapnya dengan lebih baik dan asupan gizi pun terpenuhi. Hal ini pastinya akan membuat mereka lebih tidak sering lapar ketika sudah diberikan ASI tersebut.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan