Bayi Sering Gatal Sekitar Mulut? Berikan Krim untuk Ruam Susu pada Bayi!

 

Seorang bayi yang baru dilahirkan selalu tampak ringkih dengan kulitnya terlihat lembut dan halus. Kondisi kulit yang demikian menjadikan kulit bayi menjadi sensitif dan rawan timbul ruam. Ruam ini biasanya ditandai dengan kemerahan pada kulit bayi. Beberapa ruam yang sering terjadi adalah ruam popok dan ruam susu. Ruam popok sendiri merupakan kemerahan pada kulit yang timbul pada area sekitar popok bayi atau genitalia. Untuk mengatasinya, cukup dengan mengaplikasikan salep untuk ruam popok. Rekomendasi untuk krim ruam popok dapat Anda baca selengkapnya di sini.

Bagaimana dengan ruam susu? Ruam susu dapat dianggap sebagai ruam kemerahan yang timbul di sekiar pipi, mulut, atau dagu bayi. Ruam kemerahan ini menimbulkan rasa gatal yang membuat bayi tidak nyaman. Jika terus menerus dibiarkan, ada kemungkinan semakin bertambah parah karena ada kemungkinan gesekan yang menimbulkan lecet. Pada kasus tertentu, ruam susu ini dapat berupa bintik kecil putih menyerupai jerawat.

Banyak yang mengatakan bahwa penyebab ruam susu adalah percikan ASI atau susu formula yang diberikan pada bayi. Hal ini bisa dikatakan benar meskipun tidak sepenuhnya benar. Ruam biasanya timbul akibat reaksi alergi. Namun alergi pada ruam susu ini biasanya karena bayi alergi dengan kandungan dari susu tersebut sehingga cara yang paling tepat adalah dengan menghindari makanan pencetus alergi tersebut jika ibu memberikan ASI eksklusif.

Jika yang diberikan adalah susu formula, ibu perlu mempertimbangkan untuk menggantinya dengan susu yang khusus bayi alergi. Nah, pemicu lainnya adalah bisa karena debu, berkontak dengan suatu alergen seperti bedak atau cologne bayi, atau bisa jadi karena udara.

Sebenarnya ruam susu ini bisa menghilang sendiri tanpa diberikan krim untuk ruam susu. Namun untuk prosesnya biasanya membutuhkan waktu dan anak cenderung rewel saat terjadi ruam. Nah, untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada bayi yang mengalami ruam susu, cobalah untuk mengoleskan krim untuk ruam susu pada daerah yang terkena percikan susu.

Saat ini banyak beredar produk krim yang dapat membantu mengurangi peradangan tersebut. Berikut rekomendasi krim untuk mengatasi ruam susu pada bayi.

Johnson’s Baby Cream

Johnson’s Baby Cream memiliki kandungan pelembab yang dapat membantu mengurangi gatal, iritasi, dan menjaga supaya tidak  kering. Ibu dapat memandikan bayi dengan air hangat agar kulitnya tidak bertambah kering. Setelah itu, ibu dapat memberikan krim bayi Johnson’s pada area lipatan kulit dan yang mengalami kemerahan.

Zwitsal Baby Cream Extra Care

Zwitsal baby cream extra care merupakan krim pelembab kulit yang diformulasikan untuk kulit sensitif dan teruji klinis hypo – allergenic. Krim ini berguna untuk menjaga kelembapan kulit bayi dan melindunginya dari kekeringan. Zwitsal Baby Cream Extra Care memiliki kandungan aktif Zinc yang bisa mengurangi iritasi di kulit.

Purebaby Rash Cream

Produk Purebaby Rash Cream ini membantu meredakan iritasi pada kulit termasuk akibat ruam susu. Dengan kandungan dexpanthenol yang berfungsi sebagai pelembab, dapat membantu mencegah kulit bayi kering serta menjaga kelembutannya. Dexpanthenol ini juga membantu mempercepat regenerasi sel kulit sehingga juga mempercepat penyembuhan. Selain itu krim ini juga mengandung  Zinc Oxide yang membantu mengatasi ruam dan iritasi.

Itu dia tiga rekomendasi krim untuk mengatasi ruam susu pada bayi. Biasanya ruam pada bayi akan membaik setelah kurang lebih 3 hari. Jika sudah sampai 7 hari keadaan bayi ibu belum membaik atau bahkan bertambah parah, ada baiknya ibu membawa bayinya untuk periksa ke dokter.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan