Beberapa Bahan Dapur yang Bisa Digunakan Sebagai Obat untuk Bayi

Beberapa Bahan Dapur yang Bisa Digunakan Sebagai Obat untuk Bayi

Bayi memiliki tubuh yang lebih rentan terhadap penyakit dibandingkan dengan orang dewasa. Saat bayi sakit, tentu menjadi kekhawatiran bagi orang tua. Memberikan obat untuk bayi juga tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan resep dari dokter untuk lebih amannya. Saat si kecil sakit, jangan langsung terburu-buru untuk membawanya ke dokter. Karena sebenarnya ada beberapa obat herbal dari bahan-bahan dapur yang bisa Anda pergunakan untuk menyembuhkan si kecil.

 Beberapa Bahan Dapur yang Bisa Digunakan Sebagai Obat untuk Bayi

Obat herbal dinilai lebih aman untuk penyembuhan bayi. Karena tidak memiliki efek samping yang membahayakan. Beberapa bumbu dapur yang sering Anda gunakan untuk memasak di rumah, bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan si kecil di kala sakit. Agar semakin bertambah pengetahuannya, berikut ini beberapa yang perlu Anda ketahui dan bisa diterapkan kegunaannya, yaitu:

  • Kencur.

Anda bisa memanfaatkan kencur untuk mengobati bayi berusia 6 bulan ke atas yang terkena batuk. Selain itu juga bisa juga untuk menyembuhkan bayi yang muntah-muntah karena perut mual atau kembung. Cara pemberian obatnya bisa dilakukan dengan mandi rempah atau dengan meminumnya. Jika ingin diminumkan ke bayi, maka Anda bisa memarut kencur untuk diambil sarinya saja. Tambahkan sedikit madu pada perasan kencur tadi.

  • Jahe.

Jahe bisa digunakan sebagai obat untuk bayi yang menderita pilek, batuk, dan masuk angin. Untuk membuat ramuan obat batuk, Anda bisa menggunakan jahe dengan panjang 1 cm. Memarkan satu buah jahe dan kencur, kemudian rebuslah dengan segelas air putih. Masak sampai ramuan tadi tinggal setengahnya saja. Angkat dan saring air rebusan tersebut sebelum diminumkan pada bayi dalam kondisi hangat-hangat.

  • Bawang merah.

Bawang merah bisa digunakan untuk menyembuhkan bayi yang masuk angin. Cara penggunanya cukup mudah. Parut bawang merah sampai halus dan campur dengan minyak kelapa sedikit saja. Oleskan pada tubuh bayi, terutama pada bagian perut, kaki, tangan, serta punggung bayi. Pengolesan pada perut bayi juga bisa meredakan perut yang kembung.

  • Jeruk nipis.

Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengobati batuk pada bayi berusia 1 tahun ke atas. caranya cukup dengan mengambil air perasan jeruk nipis kemudian dicampur dengan 3 sendok makan madu dan 5 sendok makan air matang. Oleh ketiga campuran bahan tersebut dengan cara di tim. Untuk anak usia 1 tahun bisa diberikan takaran 1/2 sendok teh sehari 2 kali. Sedangkan untuk bayi berusia 2 tahun bisa dengan takaran 1 sendok teh sehari 2 kali.

  • Buah mentimun.

Buah mentimun bisa Anda manfaatkan sebagai obat untuk bayi yang mengalami biang keringat. Caranya cukup haluskan mentimun dengan cara di blender, ditumbuk atau bisa juga diparut halus. Setelah itu campur dengan bedak beras dingin seperlunya saja. Oleskan ramuan ini pada kulit bayi yang mengalami biang keringat. Lakukan pemakaian hingga beberapa kali sampai biang keringat sembuh.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan