BEBERAPA JENIS MPASI SEHAT

Ketika bayi dilahirkan tahan untuk tidak memberikan apapun ke dalam mulutnya kecuali air susu ibu. Ada beberapa bayi yang memang tidak langsung minum ASI begitu dia dilahirkan, tapi itu tidak mengapa, sebab bayi tetap bisa bertahan hidup tanpa ASI di hari pertama. Namun tetap ibu terus berusaha untuk memberikan bayinya ASI, sehingga secara eksklusif, bayi hanya minum ASI saja sampai usia 6 bulan. Setelah itu, harus ada tambahan makanan. Beberapa jenis mpasi sehat bisa dibuat untuk memenuhi kebutuhan makan si bayi.

Memang di toko atau mini market, mpasi instan banyak dijual. Ada yang bubur beras merah, bubur pisang, bubur campuran dengan ragam rasa, atau rasa lainnya yang masih berbentuk bubuk. Cara penyajian mpasi instan sangat mudah dibuat. Bubuk yang seperti susu hanya tinggal diberikan air panas yang menggolak secukupnya sampai bubuk itu menjadi bubur. Ketika sudah cukup dingin, bisa langsung diberikan ke bayi tersebut.

Namun ternyata ada sebagian ibu yang lebih memilih untuk membuatkan mpasi sendiri atau membeli ke penjual mpasi non instan. Mpasi jenis ini dianggap lebih sehat dibandingkan yang instan. Selain itu, membuat mpasi sehat memberikan kesenangan tersendiri tentunya. Walau mpasi instan juga bisa diberikan di saat waktu-waktu yang tidak memungkinkan untuk si ibu.

Tapi untuk lebih mengetahui beberapa jenis mpasi sehat, silakan Anda perhatikan jenis-jenis mpasi di bawah ini:

BUBUR BAYI CAMPUR

Sebenarnya untuk membuat bubur yang dicampur beberapa bahan makanan, seperti jagung manis, ayam, wortel, atau lainnya bisa dilakukan sendiri oleh masing-masing ibu. Kalau pun si ibu belum sempat membuatnya, maka silakan cari bubur bayi campur yang dijual di pagi hari. Cenderung bubur jenis ini memang dijual di pagi hari dan diantri oleh beberapa orangtua.

Baca Juga: Memilih Makanan Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

KARBOHIDRAT

Mpasi sehat dari karbohidrat bisa diberikan bayi dengan satu jenis saja tanpa dicampur dengan bahan makanan lainnya. Tentu bahan makanan dikukus terlebih dahulu sehingga menjadi lunak, lalu ditumbuk atau dihaluskan. Setelah itu, mpasi ini bisa diberikan ke bayi. Contoh dari mpasi jenis ini adalah beras merah dan kentang.

BUAH-BUAHAN

Beberapa buah-buahan yang dilunakkan bisa diberikan ke bayi, asal rasa buah itu manis. Jangan sampai rasa buah yang masih berasa masam diberikan ke bayi, karena akan berdampak buruk bagi lambung si bayi yang tentu saja belum kuat menerima rasa itu seperti orang dewasa. Dua jenis buah yang sering disajikan sebagai mpasi sehat adalah pepaya dan alpukat. Pepaya untuk melancarkan pencernaan pada bayi dan alpukat untuk memberikan kandungan lemak.

SAYURAN

Selain mpasi di atas, dari jenis sayuran juga biasa dijadikan mpasi sehat untuk bayi. Caranya tentu saja sama, hanya saja biasanya sayuran ini bercampurkan dengan karbohidrat seperti nasi yang sudah dilunakkan. Atau juga bisa menjadi camilan sehat untuk anak. Dua jenis dari mpasi ini adalah brokoli dan wortel.

Dari beberapa jenis mpasi sehat di atas, kiranya sekarang Anda sudah punya gambaran ingin membuat apa untuk bayi cantik atau tampan Anda, bukan?

Be Sociable, Share!
 BEBERAPA JENIS MPASI SEHAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *