Beberapa Kegiatan Pelayanan yang Ada di Posyandu

Beberapa Kegiatan Pelayanan yang Ada di Posyandu

Posyandu merupakan salah satu tempat yang menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat. Pusat layanan terpadu ini memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan terutama pada kesehatan ibu dan anak. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di pusat layanan terpadu tersebut yang akan memberikan layanan untuk masyarakat dengan dukungan dari petugas yang profesional seperti bidan. Pada umumnya kegiatan di tempat ini adalah untuk memastikan kesehatan dan memberikan layanan pada ibu dan juga balita. Misalnya beberapa kegiatan yang diberikan oleh pusat layanan terpadu tersebut adalah:

 Beberapa Kegiatan Pelayanan yang Ada di Posyandu

  • Pemeliharaan kesehatan untuk ibu dan anak

Seperti telah dikemukakan sebelumnya bahwa manfaat dan fungsi utama dari tempat ini adalah untuk memelihara kesehatan untuk ibu dan anak. Ibu dan anak akan mendapatkan layanan kesehatan dan juga dapat untuk mempermudah untuk mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Ketika ibu dan anak mengalami masalah kesehatan juga bisa langsung untuk periksa agar penyakitnya segera sembuh. Selain itu ketika wanita sedang hamil, pusat layanan terpadu ini akan memberikan perhatian agar ibu dan juga janin selalu sehat dengan melakukan pemeriksaan rutin pada ibu dan janin. Dan juga memberikan sugesti atau saran untuk ibu agar siap melahirkan dengan selamat. 

  • Pelayanan keluarga berencana

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan di posyandu adalah pelayanan keluarga berencana. Hal tersebut merupakan tujuan dari lembaga ini yang turut mendukung program pemerintah untuk pengendalian populasi. Keluarga berencana sendiri merupakan program keluarga yang dianjurkan dan idealnya mempunyai dua anak saja. Dan hal itu juga merupakan tugas dari pusat layanan terpadu untuk melakukan penyuluhan. Seperti misalnya dengan menyarankan beberapa KB yang bisa digunakan dari pil kb, IUD, dan juga beberapa jenis metode lainnya untuk mensukseskan program keluarga berencana ini. 

  • Immunisasi

Kegiatan lainnya yang ada di pusat layanan terpadu adalah immunisasi untuk balita. Immunisasi tersebut dapat digunakan untuk dapat memberikan vaksin pencegahan penyakit semenjak dini. Sehingga diharapkan agar bayi dapat di imunisasi agar tumbuh kembangnya tidak terganggu di kemudian hari. Adapun beberapa jenis imunisasi yang diberikan bayi adalah imunisasi campak, imunisasi hepatitis b, imunisasi folio, dan juga beberapa jenis lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan bayi. 

Baca juga tips dan trik nya untuk merawat anak anda agar tetap sehat. Simak selengkapnya di alatbayi.net

  • Peningkatan gizi

Dan kegiatan pelayanan lainnya yang ada di posyandu adalah berusaha untuk meningkatkan gizi. Pusat layanan kesehatan ini bermanfaat dapat untuk menaruh perhatian pada gizi ibu hamil dan juga bayi. Hal tersebut diharapkan agar ibu hamil dapat mempunyai kehamilan yang sehat hingga melahirkan. Dimana apabila mempunyai gizi yang cukup maka bisa untuk mencegah dan mengurangi resiko kematian ibu dan bayi ketika melahirkan. Sehingga tenaga medis selalu memeriksa kondisi ibu terutama gizinya apakah sudah tercukupi atau belum.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan