Beberapa Mitos Bayi yang Tidak Benar

Bagi para calon orang tua baru yang akan memiliki bayi pertamanya, pastinya ada perasaan khawatir dan senang bercampur menjadi satu saat menjelang kelahiran putra atau putri mereka. kebahagiaan pasti ada karena akan menjadi orang tua baru, namun ada juga rasa khawatir akan cara pengasuhan anak yang benar apalagi dengan banyaknya mitos bayi yang beredar di masyarakat terutama dari leluhur. Berikut ini adalah beberapa mitos untuk bayi yang tidak memiliki relevansi sehingga tidak perlu dilakukan pada bayi ataupun orang tua bayi.

Dilarang membawa keluar rumah bayi sebelum bayi berusia tertentu. Bayi yang baru lahir memang umumnya masih berada di rumah sakit dan di rawat oleh petugas kesehatan. kemudian saat ia dibawa pulang berarti kondisinya sudah baik dan stabil sehingga perawatan bisa dilakukan oleh keluarga sendiri. Bayi memerlukan cahaya matahari pagi yang cukup karena banyak mengandung vit D yang baik untuk penyerapan kalsium nya. Karenanya sebaiknya bawalah bayi Anda berjalan-jalan atau hanya berjemur di halaman rumah di pagi hari agar mendapat sinar matahari cukup.

Bayi berusia dibawah 6 bulan boleh diberi makanan asalkan bayi menginginkannya. Mitos bayi tersebut salah dan justru bisa membahayakan. Bayi berusia dibawah 6 bulan hanya boleh mengkonsumsi ASI saja karena sistem cerna nya yang belum sempurna. Memberinya makanan lain sebagai pendamping ASI baru boleh dilakukan setelah bayi menginjak usia 6 bulan dan dilakukan secara bertahap. Banyak kasus pada orang tua yang memberikan makanan padat kepada bayi yang belum cukup umur justru mengakibatkan bayi mengalami gangguan kesehatan, alergi bahkan kematian.

Bayi bersendawa harus diberi jimat tertentu. Mitos tersebut tidak memiliki korelasi yang dapat dihubungkan karena hanya kepercayaan dari nenek moyang. Bayi bersendawa dengan normal bukan merupakan tanda bahaya atau gangguan dari makhluk halus. Hal tersebut murni karena bayi memang memerlukannya untuk mengeluarkan gas dari dalam tubuh. Jika hal tersebut tidak juga berhenti bahkan ketika sudah lama maka Anda bisa memeriksakannya ke dokter anak agar mendapat penanganan yang diperlukan.

Itulah beberapa mitos bayi yang tidak benar dan tidak berhubungan dengan cara perawatan bayi yang baik. Bagi Anda yang baru akan memiliki bayi untuk pertama kalinya, ada baiknya membaca buku mengenai pengetahuan cara merawat bayi baru lahir yang saat ini sudah banyak dipasaran. Anda juga bisa berkonsultasi dengan bidan atau dokter anak untuk masalah-masalah kesehatannya agar mendapatkan sumber kesehatan yang terpercaya. Jika perlu tanyakan kebenaran sebuah mitos yang Anda anggap perlu agar tidak ada yang mengganjal ketika merawat bayi untuk pertama kalinya. Jangan lupa untuk selalu membawa bayi Anda ke posyandu saat jadwal immunisasinya tiba untuk mencegah bayi dari beberapa penyakit menular.

 

 

 Beberapa Mitos Bayi yang Tidak Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *