Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung

Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung

Perut bayi dapat mengalami kembung yang terjadi pada kondisi bayi yang baru lahir dan bayi yang berumur beberapa bulan. Perut kembung sering menyebabkan bayi sering menggeliat, menangis dan membuat bayi susah tidur. Hal ini juga membuat bayi menolak ASI dan susu formula. Bayi belum bisa mengatakan apa-apa maka perlu memahami beberapa tanda penyebab dan cara mengatasi masalah kembung perut pada bayi.

Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung 

Berikut adalah beberapa penyebab perut seorang bayi mengalami kembung diantaranya:

  • Makanan yang dikonsumsi ibu, bayi yang masih minum ASI dapat menghasilkan gas yang berlebihan saat ibu kecil makan sayuran pembentuk gas seperti kol, brokoli, kembang kol atau kacang.
  • Salah posisi saat menyusui, jika posisi payudara atau botol susu salah diposisikan, bayi mungkin akan menelan terlalu banyak udara.
  • Laktosa berlebihan, hal ini terjadi biasanya ketika bayi mendapat terlalu banyak foremik yang kaya akan laktosa tetapi rendah lemak. Kemudian tidak semua laktosa dicerna karena tidak ada cukup lemak untuk memperlambat proses ini akibatnya terjadilah penumpukan gas berlebih pada perut.
  • Sistem pencernaan yang belum matang, bayi belum belajar mengolah makanan, gas dan feses sepurna dan usus belum menghasilkan mikroflora yang penting untuk sistem pencernaan.

Saat bayi menangis berlebihan akan menyebabkan terlalu banyak udara tertelan sehingga menghasilkan gas yang berlebihan. Jika bayi sudah mulai makan maka perlu memperhatikan makanannya dan kurangi sayuran yang mengandung gas berlebihan. Perut bayi kembung tentu akan menganggu kesehatan dan kenyamanan bayi tentunya hal ini perlu diatasi dengan baik dan terlebih dihindari supaya tidak memberikan masalah yang serius pada bayi. 

Berikut adalah cara mengatasi perut seorang bayi mengalami kembung diantaranya: 

  • Menggosok perut, dengan menggosok perut dari arah punggung ke pusar dan memberikan tekanan yang sangat lembut ketika mendekati pusar.
  • Kurangi pemberian susu formula, jika perut kembung karena menyebabkan sembelit maka bayi juga terkena gejala alergi susu sapi dan perlu pemeriksaan oleh dokter.
  • Menepuk punggung bayi dengan lembut, saat menggendong bayi dengan posisi sedikit tegak, tepuk ringan pada bagian punggung dan tunggu hingga bayi bersendawa.
  • Mandikan bayi dengan air hangat, air hangat akan membuat perut terasa lebih nyaman.
  • Biarkan bayi aktif, berbagai gerakan yang sesuai dengan pola perkembangan bayi dan kemampuan fisik bayi dapat membuang gas perut pada bayi.

Supaya perut bayi tidak kembung maka ibu perlu menyusui dengan benar. Dengan mengusahakan untuk menjaga kepala dan leher bayi lebih tinggi dibandingkan posisi perut. Pastikan juga bayi dalam posisi yang tepat untuk mendapatkan ASI. Pertimbangkan bayi tidak terlalu cepat ketika menghisap ASI sehingga perut tetap nyaman. jika memberikan susu dengan botol maka buat posisi kepala bayi selalu tinggi dibandingkan mulut.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan