Beberapa Perkembangan Anak Pada Usia 0-12 Bulan

Hari ulang tahun pertama anak Anda telah tiba! Saat Anda menyiapkan perayaannya, Anda mengingat kembali pertumbuhan dan perkembangan anak Anda yang luar biasa selama 12 bulan terakhir. Hanya dalam waktu satu tahun, bayi Anda telah berubah dari bayi baru lahir yang sepenuhnya tak berdaya menjadi persona kecil yang independen.

Pertumbuhan

Berat bayi Anda kemungkinan telah naik setidaknya tiga kali lipat dari bobot lahir. Pada bulan ke-12, bayi juga telah bertambah besar 50% – sekitar 23 sampai 28 cm – dan otak mereka sekitar 60% dari ukuran dewasa. Setelah satu tahun pertumbuhan dan perkembangan anak yang luar biasa cepat, pertambahan berat badan bayi Anda akan mulai melambat ketika tingkat aktivitasnya meningkat.

Tidur

Setelah berusia satu tahun, bayi Anda harus akan berkurang tidurnya pada siang hari namun semakin bertambah pada malam hari. Sebagian besar anak pada usia ini masih perlu tidur siang, tapi tidur pagi mungkin akan hilang.

Keterampilan motorik

Anak 1 tahun seharusnya sudah bisa berdiri sendiri, dan bahkan mungkin sudah bisa melangkah sendiri. Jika belum, mudah-mudahan Anda memiliki kamera video untuk menangkap momen ketika dia berdiri.

Usia satu tahun, perkembangan anak di antaranya meliputi makan dengan jari-jarinya, membantu orang tuanya saat memakaikan pakaiannya, dan membuka halaman buku cerita. Bayi Anda juga mulai menggunakan beberapa barang sehari-hari dengan benar, seperti sendok, telepon, dan sikat rambut. Walaupun mungkin tujuan penggunaannya tidak sempurna, dia pasti memiliki niat yang benar.

Baca Juga : Gejala, Penyebab, dan Diagnosis Pertumbuhan Anak Lambat

Makan

Jika Anda memberikan ASI, Anda bisa memulai proses menyapih bayi Anda. Biasanya proses menyapih akan lebih mudah untuk ibu dan bayi bila dilakukan secara bertahap. Kebiasaan menyusu menjelang tidur biasanya paling sulit dihilangkan. Untuk menggantikannya, Anda dapat memberi anak Anda secangkir susu, camilan, atau makanan lain yang dapat diisap.

Sekarang bayi Anda makan lebih banyak makanan, jadi berhati-hatilah dengan bahaya tersedak yang mengintainya. Jangan memberinya anggur utuh, hot dog, popcorn, atau makanan lain yang bisa menyangkut di tenggorokannya. Jaga bayi Anda selama waktu makan. Anda sekarang dapat memberinya makanan yang mengandung madu.

Komunikasi

Kosakata bayi Anda akan berkembang dengan cepat. Anda mungkin akan mendengar beberapa kata, seperti “Mama,” “Papa,” “Dada,” atau “o-ow” secara teratur sekarang. Anak satu tahun belajar bahasa dengan cara meniru ucapan orang tua mereka. Pada titik ini, mama benar-benar mengacu pada ibu, dan papah benar-benar berarti ayah.

Pada bulan ke-12, bayi Anda juga akan mulai menguji batas kesabaran, di antaranya dengan menanggapi permintaan Anda dengan mengucapkan “tidak” atau bahkan membuat ulah. Bersikaplah tegas dan biarkan anak Anda tahu bahwa perilaku tersebut tidak dapat diterima. Di sisi lain, hargai perilaku baiknya dengan pujian atau hadiah.

Be Sociable, Share!
 Beberapa Perkembangan Anak Pada Usia 0-12 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *