Begini 4 Cara Aman Mencuci Pakaian Bayi

Begini 4 Cara Aman Mencuci Pakaian Bayi

Rupanya orangtua tak hanya dituntut untuk teliti dalam memilihkan pakaian bayi untuk buah hatinya melainkan juga teliti dalam merawatnya. Kulit bayi memang sangat sensitif dan oleh sebab itu pakaian yang dikenakan si kecil musti dirawat dengan baik dan benar. Jangan sampai karena pencucian yang salah berujung pada iritasi kulit bayi, tentunya kesalahan ini bisa ditekan dari awal. Yakni dengan memiliki ilmu seputar cara mencuci baju bayi yang baik dan benar sehingga tetap aman bagi kulitnya.

Begini 4 Cara Aman Mencuci Pakaian Bayi

Cara Aman Mencuci Baju Bayi

Perawatan baju bayi yang rentan terjadi kesalahan adalah pada proses mencuci, maka pahami cara aman mencuci baju bayi berikut ini:

  • Pisahkan jenis dan warna baju bayi,

Baju bayi sudah terdiri atas beberapa bagian mulai dari pakaian dalam sampai pakaian luar, dan sebelum dicuci baiknya dipisahkan dulu. Mulailah dari segi warna dan jenis sehingga ada baskom khusus untuk celana si kecil ada pula yang khusus untuk atasan. Pemisahan ini bertujuan menghindari kontaminasi kotoran dari sepotong baju ke baju lainnya. Kemudian pisahkan pula berdasarkan warna untuk mencegah resiko baju kelunturan warna baju lainnya.

  • Gunakan air hangat,

Berhubung kulit bayi masih sangat sensitif maka ibu disarankan mencuci pakaian bayi mempergunakan air hangat. Tidak harus air panas yang baru saja mendidih melainkan memakai air hangat sudah efektif. Tujuan penggunaan air hangat adalah untuk membantu membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada baju. Supaya maksimal jangan lupa merendam baju kotornya ke dalam larutan detergen, paling tidak selama 15 menit agar kotoran terangkat sempurna.

  • Pilih detergen jenis cair,

Selain noda dan kuman maupun bakteri yang menempel di serat kain ternyata efek berbahaya juga diberikan oleh sisa detergen yang menempel di serat kain. Detergen yang tidak larut sempurna di dalam air cucian baju bayi meninggalkan residu yang juga berpotensi menyebabkan iritasi kulit. Maka khusus untuk baju bayi lebih ideal mempergunakan detergen cair yang tidak ada residu di dalamnya dan dijamin langsung larut jika bercampur air. Akan lebih baik lagi jika memakai detergen cair khusus baju bayi.

  • Pastikan baju bayi benar-benar kering,

Selain proses mencuci, ternyata proses pengeringan juga wajib diperhatikan dengan seksama untuk memastikan baju bayi aman. Salah satunya memastikan baju bayi yang dijemur sudah benar-benar kering baru kemudian diangkat dan dirapikan di keranjang baju bersih. Apabila masih lembab meski hanya sedikit nantinya menjadi sarang bagi jamur bahkan kuman dan bakteri untuk berkembang. Sudah lelah mencuci pakaian bayi sampai bersih malah sudah diangkat saat masih lembab, usaha Anda tentu tidak membuahkan hasil sesuai harapan.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan