Begini Cara Memilih dan Mencuci Pakaian Bayi yang Benar

Salah satu perlengkapa bayi yang penting adalah pakaian bayi. Pakaian ini paling penting karena pakaian ini langsung bersentuhan dengan kulit bayi, di mana kulit bayi masih tergolong sensitif. Namun sayangnya pada saat ini masih banyak orang tua yang belum paham akan apa saja harga harus mereka perhatikan dalam memilih baju untuk bayi mereka. Sebab hal yang menjadi pilihan orang tua akan baju bayi adalah penampilan yang paling utama, sehingga masalah keamanan dan kenyamanan sering di abaikan.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menjadi baju untuk bayi Anda. Hal ini lebih penting dari sebuah desain baju bayi yang bagus. Hal tersebut antara lain:

  • Warna baju tidak boleh luntur

Apabila Anda memilih baju yang berwarna gelap atau mencolok, maka pastikan bahwa warna baju tersebut tidak luntur apabila terkena air. Sebab ini akan membahayakan bayi Anda.

 

  • Jahitan baju tidak rapi

Hal sederhana yang sering dilupakan oleh orang tua adalah tentang kerapian dari jahitan baju tersebut. Hal ini kecil ini harus Anda perhatikan agar bayi Anda tidak merasa gatal karena jahitan yang kurang rapi.

Kedua hal tersebut penting namun sering dilupakan. Sebab apabila kain baju tersebut luntur maka zat warna kain akan dapat terserap ke kulit bayi. Akibatnya kulit bayi bisa mengalami iritasi. Selain itu jahitan baju bayi yang kurang rapi akan menciptakan kesan gatal apabila dipakai bayi. Sehingga bayi akan merasa gatal atau bahkan tidak nyaman dengan baju yang bayi Anda pakai.

Selain kedua hal tersebut, ada beberapa hal penting lainnya yang berhubungan dengan kain untuk membuat baju bayi yang harus Anda perhatikan dalam memilih pakaian bayi yang nyaman, yakni:

  • Jangan memilih bahan nilon atau parasut
    Sebaiknya Anda tidak memilih baju bayi yang terbuat dari bahan nilon atau parasut. Anda dapat memilih baju yang terbuat dari bahan lain namun jangan memilih kedua bahan tersebut.
  • Memilih bahan katun
    Bahan yang bagus untuk baju bayi Anda adalah bahan katun. Pada saat ini ada banyak sekali baju bayi yang terbuat dari bahan katun. Sehingga Anda dapat memilih satu yang menurut Anda paling pas untuk bayi Anda.

Hal ini karena bahan nilon atau bahan parasut akan panas apabila dipakai oleh bayi Anda. Keringat bayi akan tertimbun atau tidak dapat keluar dari baju karena pori-pori bahan tersebut sangat kecil dan sedikit. Hal ini akan membuat bayi Anda merasa gerah dan gatal. Sedangkan apabila memilih kain katun maka kain ini lebih dingin dan mudah menyerap keringat. Jadi kain ini akan membuat bayi Anda merasa nyaman.

Baca juga : jenis jenis popok bayi

Jika sudah paham apa yang bagus untuk baju bayi Anda, maka Anda juga harus paham bagaimana cara mencuci baju bayi Anda agar tetap nyaman dipakai, yakni:

  • Gunakan detergen cair
    Usahakan Anda menggunakan detergen cair karena tekstur detergen ini lebih lembut sehingga tidak akan merusak kain.
  • Jangan memakai pewangi
    Jangan menggunakan pewangi apabila Anda mencuci baju bayi Anda.

Hal ini supaya bahan kimia dalam pewangi atau juga dalam detergen bubuk tidak akan tertinggal di pakaian bayi Anda. Sebab apabila tertinggal maka akan dapat masuk ke dalam pori-pori kulit bayi Anda dan pastinya akan membahayakan bayi Anda tersebut. maka dari itu Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih maupun juga mencuci baju bayi Anda.

Be Sociable, Share!
 Begini Cara Memilih dan Mencuci Pakaian Bayi yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *