Berapa Usia Bayi untuk Bisa Berjalan? Ini Dia Jawabannya!

Kebanyakan bayi mengambil langkah pertama mereka antara 9 dan 12 bulan dan berjalan dengan baik pada saat usia bayi 14 atau 15 bulan. Jangan khawatir jika anak Anda membutuhkan waktu lebih lama. Beberapa anak normal tidak berjalan sampai mereka berusia 16 atau 17 bulan. Selama tahun pertamanya, bayi Anda sibuk mengembangkan koordinasi dan kekuatan otot di setiap bagian tubuhnya. Dia akan belajar duduk, berguling, dan merangkak sebelum pindah untuk berdiri dan berdiri sekitar 9 bulan.

 

Sejak saat itu, ini adalah masalah mendapatkan kepercayaan dan keseimbangan. Bagaimana bayi belajar berjalan? Kaki bayi Anda belum cukup kuat untuk menopangnya, tetapi jika Anda memeluknya tegak di bawah lengannya, ia akan menjuntai ke bawah dan mendorong permukaan yang keras dengan kakinya, hampir seperti berjalan. Ini adalah tindakan refleksif, dan dia hanya akan melakukannya selama beberapa bulan.

 

Saat bayi Anda berusia sekitar 6 bulan, ia akan bergerak naik turun jika Anda membiarkannya menyeimbangkan kakinya di paha Anda. Terpental akan menjadi kegiatan favorit selama beberapa bulan ke depan, karena otot kaki bayi Anda terus berkembang saat ia menguasai berguling, duduk, dan merangkak. Belajar berjalan dimulai jauh sebelum langkah pertama. Berikut adalah keterampilan yang diikuti anak seperti berlari dan melompat di usia bayi 14 atau 15 bulan:

 

  • Sekitar 9 bulan, bayi Anda mungkin akan mulai mencoba berdiri sendiri sambil berpegangan pada furniture (jadi pastikan segala sesuatu di jalannya cukup kuat untuk mendukungnya). Jika Anda membantunya bersama dengan menopangnya di samping sofa, dia akan bertahan dengan ketat.
  • Pada 9 atau 10 bulan, bayi Anda akan mulai memikirkan cara menekuk lututnya dan bagaimana duduk setelah berdiri yang lebih sulit dari yang Anda bayangkan.
  • Setelah menguasai posisi berdiri, sekitar 12 bulan, dia akan mulai berlayar, bergerak dari satu perabotan ke yang berikutnya untuk mendapat dukungan. Dia bahkan bisa melepaskan dan berdiri tanpa dukungan.
  • Sekitar waktu ini, bayi Anda juga mungkin akan membungkuk dan jongkok. Begitu dia bisa melakukan itu, dia mungkin bisa mengambil mainan dari posisi berdiri atau mengambil langkah ketika dipegang dalam posisi berjalan. Dia bahkan bisa berjalan sambil menggenggam tangan Anda, meskipun ia mungkin tidak akan mengambil langkah pertamanya sendiri setidaknya selama beberapa minggu lagi. Sebagian besar anak-anak membuat langkah awal berjinjit dengan kaki mereka berubah ke luar.

 

Pada usia bayi 12 bulan, banyak anak kecil berjalan sendiri walau goyah. Saat bayi Anda belajar menarik dirinya ke posisi berdiri, ia mungkin memerlukan bantuan untuk mencari tahu cara turun kembali. Jika dia terjebak dan menangis, jangan hanya menjemputnya dan menjatuhkannya. Tunjukkan padanya bagaimana menekuk lututnya sehingga dia bisa duduk tanpa terjatuh, dan biarkan dia mencobanya sendiri.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan