Berat Bayi Anda Kurang? Coba Rangkaian Makanan Penambah Berat Badan Bayi Ini!

Biskuit bayi Milna terkenal sebagai makanan bayi yang kaya akan gizi untuk bayi pada usia 6—12 bulan. Dengan teksturnya yang lembut, membuat bayi tidak mudah tersedak. Tidak hanya itu, teksturnya bahkan mampu menstimulasi pertumbuhan gigi bayi loh! Biskuit bayi Milna ini juga terkadang dijadikan salah satu cemilan yang dihidangkan ibu sebagai pendamping makanan penambah berat badan bayi lainnya.

Untuk rekomendasi cemilan bayi penuh nutrisi lainnya bisa lihat di sini.

Berat badan bayi yang kurang tentu menjadi momok bagi orangtuanya. Bahkan biasanya Ibunda di rumah akan sangat panik mengetahui kalau berat badan si kecil kurang. Tidak jarang, Ibunda akan melakukan berbagai cara untuk menambah berat badan bayi. Sah sah saja. Karena memang mencapai berat bayi pada target tertentu adalah capaian terbaik agar tumbuh kembang bayi sesuai dengan tahapan yang seharusnya.

Meski begitu orangtua harus menggarisbawahi bahwa mengusahakan menambah berat badan bayi bukanlah hanya meningkatkan porsi makanan saja. Mengapa? Organ pencernaan bayi tentu belum sempurna. Untuk itu, ada baiknya orangtua mencari cara terbaik yang aman dan sehat bagi bayi. Orangtua juga harus mencari penyebab si kecil memiliki berat badan di bawah target. Karena ada banyak penyebab, misalnya saja kurang asupan, terserang penyakit, atau karena buah hati Anda aktif bergerak.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan orangtua untuk menambah berat badan bayi adalah dengan mengoptimalkan asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh buah hati. Misalnya saja dengan makan makanan penambah berat badan bayi berikut ini:

  1. ASI

Siapa yang tidak tahu beragam manfaat yang ditawarkan ASI untuk bayi, bukan? ASI tersusun dengan kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan bayi. Jika memang ASI yang dihasilkan ibu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil, ada baiknya untuk menggunakan susu formula tentu saja dengan rekomendasi dari dokter yah!

  1. Daging

Jika usia bayi Anda sudah di atas 8 bulan, daging ayam bisa menjadi salah satu pilihan makanan penambah berat badan bayi karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan si kecil seperti niasin, magnesium, vitamin B6, vitamin B12, serta protein dan kolestrol yang sehat. Ayam bisa diberikan dalam bentuk kuah kaldu atau sop.

  1. Keju

Keju parut adalah salah satu makanan yang bagus untuk bisa meningkatkan kalori buah hati Anda.

  1. Ubi

Ubi, terutama ubi manis mengandung lemak jenuh dalam kadar yang rendah, kalium, serat, magnesium, Vitamin A, C, dan B6 dalam kadar yang tinggi serta memiliki kalori yang banyak dan padat.

  1. Kuning Telur

Pastikan Anda memberikan kuning telur yang telah benar-benar matang pada bayi di atas 8 bulan. Kuning telur mengandung zat gizi yang penting bagi tumbuh kembang otak si kecil. Seandainya terdapat gejala yang merujuk pada reaksi alergi seperti bitnik-bintik merah pada kulit, baik bagi Ibu untuk menunda pemberian kuning telur hingga usia 1 tahun.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak baik loh! Tambahkan 1 sendok the pada berbagai makanan seperti bubur saring buah hati Anda. Jenis minyak zaitun yang disarankan adalah extra virgin olive oil.

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang masuk ke dalam makanan penambah berat badan bayi yang kaya akan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, serta kalori yang padat. Untuk usia 6—8 bulan, Anda bisa memberikan pisang dalam bentuk bubur pisang.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan