Berbagai Hal yang Harus Dicermati Dalam Merawat Kulit Bayi

Berbagai Hal yang Harus Dicermati Dalam Merawat Kulit Bayi

Perlu Anda ketahui jika kulit bayi sangat berbeda dengan kulit orang dewasa. Hal ini dikarenakan kulit mereka lebih sensitif ketimbang kulit orang dewasa. Oleh sebab itu, proses perawatan kulit si kecil tidak boleh disamakan dengan perawatan kulit orang dewasa. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam merawat kulit bayi yang benar, antara lain.

 

  • Gunakan Perawatan yang Alami

 

Dalam proses perawatan kulit bayi, Anda hanya perlu menggunakan cara alami dan sederhana. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kulit si kecil tidak membutuhkan perawatan yang beraneka ragam seperti produk-produk yang mengandung bahan kimia. Hal tersebut bukan untuk merawat kulit melainkan membawa masalah pada kulit sang bayi.

 

Berbagai Hal yang Harus Dicermati Dalam Merawat Kulit Bayi
Berbagai Hal yang Harus Dicermati Dalam Merawat Kulit Bayi

 

  • Jangan Terlalu Sering Memandikan Bayi

 

Lain halnya dengan orang dewasa yang dianjurkan untuk mandi dua kali dalam sehari, bayi tidak diperbolehkan mandi terlalu sering. Hal tersebut justru dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit bayi. Jika kulit si kecil menjadi kering, maka akan rentan terhadap iritasi kulit. Disarankan untuk memandikan bayi cukup tiga kali dalam seminggu atau bisa lebih dari itu. Selain itu, kulit si kecil juga tak perlu dibasuh dengan sabun wangi ketika mandi. Pilihlah sabun yang tidak mengandung pewangi demi kesehatan kulit si kecil.

 

  • Sering Ganti Popok Bayi

 

Bayi dan popok memang kedua hal yang tak bisa dipisahkan. Seorang bayi yang baru lahir akan cenderung lebih sering membasahi popok, mungkin hampir setiap jam. Jangan sungkan atau malas mengganti popok si kecil yang basah. Jika dibiarkan basah terlalu lama, dapat menyebabkan ruam popok. Sebaiknya, bilas terlebih dahulu pantat bayi dengan benar kemudian keringkan dengan benar. Hindari penggunaan tisu dan bedak sebelum menggunakan popok. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

 

  • Menjaga Kelembaban kulit bayi

 

Tahukah Anda, jika kulit bayi yang lembab mampu mencegah terjadinya iritasi, ruam, serta gatal pada kulit. Dianjurkan untuk mengoleskan lotion, minyak, atau petroleum jelly khusus bayi pada kulit guna menjaga kelembaban kulit si kecil. Anda juga bisa menenangkan kulit si kecil dengan cara memeluk, memijat, dan membelainya. Hal tersebut dikarenakan bayi sangat menyukai sentuhan, tak jarang sentuhan tersebut membuat mereka tidur lebih nyenyak dan meningkatkan imunitas sang bayi.

 

  • Jaga Kulit Bayi dari Sinar Matahari

 

Jika Anda ingin membawa bayi keluar di siang hari, pastikan kulit bayi tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hal tersebut dalam menyebabkan kulit si kecil mengalami ruam, terbakar, dan kepanasan. Pakaikan bayi baju dengan lengan panjang dan celana panjang longgar, topi, dan juga sarung tangan atau kaus kaki bayi. Anda juga bisa mengoleskan kulitnya dengan tabir surya sebelum keluar rumah.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan