Berbagai Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Berbagai Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Menyusui bukanlah suatu hal yang mudah, walaupun terjadi secara alami semua itu membutuhkan pengorbanan dan kedisiplinan yang kuat. Diharapkan seorang ibu akan tetap memberi ASI kepada sang bayi setelah menyadari betapa pentingnya air susu ibu untuk bayi dan bahkan untuk ibu itu sendiri. Umumnya memberikan ASI secara eksklusif diberikan bayi pada 6 bulan pertama sejak lahir, tetapi jika memungkinkan boleh dilanjutkan hingga mencapai umur 2 tahun.

Berbagai Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Meskipun sangat dianjurkan untuk ibu memberikan ASI dibanding susu formula, namun hal itu tergantung pada pilihan masing-masing serta kondisi kesehatan ibu. Tetapi saat ini masih banyak para ibu yang memilih untuk menyusui daripada memberi susu formula untuk bayinya dikarenakan manfaatnya yang baik untuk bayi maupun ibunya.

Dapat Mencegah Penyakit dan Infeksi

ASI memiliki faktor-faktor pelawan kuman dan antibodi yang dapat bermanfaat untuk bayi. Kolostrum ASI mengandung immuno globin yang dapat menjaga kekebalan tubuh yang berasal dari ibu. Kandungan tersebut berguna untuk melawan kuman pada alat pernapasan seperti hidung, tenggorokan, serta alat pencernaan. Selain itu, kandungan antibodi tersebut dapat mengurangi risiko penyakit dan infeksi. Infeksi tersebut meliputi infeksi saluran pernapasan, diare, meningitis, serta infeksi lainnya. Tidak hanya itu, bayi juga akan terhindar dari penyakit obesitas, asma, alergi, leukimia, sampai sindrom kematian mendadak yang banyak terjadi pada bayi.

ASI mudah untuk Dicerna

Kandungan yang terdapat pada ASI terdiri dari protein, laktosa, serta lemak yang dapat mudah dicerna oleh bayi. Kandungan tersebut juga dapat mencegah bayi dari diare atau konstipasi apalagi pada bayi yang lahir prematur sehingga lebih aman dan tidak berisiko.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Banyak ibu yang memilih untuk menyusui karena belum ada susu pengganti atau makanan lain yang mempunyai kandungan selengkap ASI. Air susu ibu memiliki vitamin dan mineral yang lengkap yang diproses secara alami pada tubuh ibu dan proses tersebut tidak dapat ditiru oleh peralatan buatan manusia.

Dapat membakar Kalori

Selain manfaat ASI pada bayi, ternyata menyusui juga memiliki keunggulan pada sang ibu. Selain dapat mempererat ikatan emosional pada bayi. Memberi ASI juga dapat membakar kalori tubuh sehingga bisa membuat ukuran tubuh kembali ke berat badan semula. Kemudian manfaat lainnya juga dapat mengecilkan rahim yang semula membesar atau melebar menjadi kecil kembali.

Tidak mengeluarkan banyak biaya

Harga susu formula dipasaran relatif mahal sehingga menyusui dapat lebih menghemat pengeluaran. ASI juga dapat membuat bayi terhindar dari risiko penyakit jadi dapat menghemat biaya pengobatan yang tidak murah. Selain itu, ASI juga tidak bisa habis serta tidak membutuhkan air panas untuk mengolahnya sehingga jauh lebih efektif.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan