Berikan Makanan Sehat Bayi Sesuai dengan Usianya

Bayi merupakan makhluk yang paling rentan untuk diberikan asupan makanan pendamping ASI, ketika telah memasuki usia 7 bulan. Komposisi gizi yang harus diperhatikan serta sistem pencernaan bayi yang masih rawan, mengharuskan kita sebagai orang tua untuk terus berhati-hati dan selalu waspada dalam memberikan asupan makanan pada bayi kita. Selain mengandung banyak nilai gizi, makanan sehat bayi, pada umumnya juga harus disesuaikan dengan perkembangan sistem pencernaan pada bayi. Oleh karena itu sebagai orang tua, sudah selayaknya kita mengetahui makanan-makanan mana saja yang cocok diberikan untuk bayi kita.

Untuk memberikan makanan padat sebagai asupan tambahan bagi bayi, sebelumnya kita harus memperhatikan tumbuh kembang dari bayi kita, seperti berat badannya yang sudah naik sekitar 2 kali dari berat lahir, sudah mulai dapat mengangkat kepala dan leher, mulai tertarik dengan makanan yang kita makan, sudah dapat menahan makanan dalam mulut. Bayi dengan indikasi seperti diatas, secara umum telah dapat diberikan asupan tambahan yang berupa makanan padat, namun tetap disesuaikan dengan rentan usia mereka.

Berikut ini beberapa makanan sehat bayi, yang dapat Anda berikan sesuai dengan rentan usia yang mereka miliki, yang diantaranya adalah:

  • Sereal merupakan makanan yang terbuat dari biji-bijian dengan bentuk yang padat namun dapat dilumatkan. Untuk melumatkan sereal ini, Anda dapat menambahkan ASI ataupun susu formula. Makanan jenis ini baik diberikan untuk bayi dengan rentan usia 4-6 bulan.
  • Yogurt dengan rasa tawar, dapat Anda berikan bersama dengan buah-buahan yang telah dilembutkan seperti alpukat, apel dan pisang. Kandungan vitamin D yang tinggi pada yogurt, dikenal mampu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Makanan jenis ini baik diberikan untuk bayi berusia diatas 6 bulan.
  • Brokoli, merupakan jenis sayuran hijau yang banyak mengandung serat, fosfat dan sulfur yang baik untuk pertumbuhan pada bayi. Selain itu brokoli juga mengandung banyak zat anti kanker, yang dapat digunakan untuk pembentukan sel-sel anti kanker. Makanan ini akan baik diberikan pada bayi berusia 6 bulan keatas.

Selain jenis makanan diatas, Anda juga dapat memberikan berbagai makanan sayuran hijau dan buah-buahan, yang tentunya semuanya harus diolah dengan bentuk yang lembut atau dilumatkan, mengingat bayi dengan rentan usia dibawah 1 tahun, belum memiliki bentuk gigi yang sempurna. Selain itu sistem pencernaan pada tubuh bayi pun belum terbentuk sempurna, sehingga ketika memberi makanan pendamping haruslah dalam bentuk lembut agar mudah dicerna.

Memberikan makanan sehat bayi sebagai asupan tambahan, merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan bayi yang memang cepat merasa lapar dan mendukung tumbuh kembang mereka. namun demikian disamping memberikan makanan tambahan, Anda juga tetap harus memperhatikan pemberian ASI pada bayi Anda, karena dengan ASI sistem imun dalam tubuh bayi dapat terbentuk dengan sempurna.

 

 Berikan Makanan Sehat Bayi Sesuai dengan Usianya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *