Berikut 4 Tips Merawat Kelamin Bayi Laki-laki dengan Benar

Berikut 4 Tips Merawat Kelamin Bayi Laki-laki dengan Benar

Bagi ibu yang dikaruniai bayi laki-laki biasanya dibuat bingung saat membersihkan organ vital atau kelaminnya. Hal ini tentunya wajar karena merawat kelamin antara bayi perempuan dengan laki-laki terdapat perbedaan besar. Pasalnya anatomi kelamin pada bayi berjenis kelamin laki-laki memang keluar sedangkan pada bayi perempuan masuk ke dalam. Ketika pipis bayi Anda bisa memuncratkan air pipisnya ke muka atau kemana-mana, jadi penanganannya juga beda. Tidak berbeda pula dengan merawat kebersihan kelamin bayi Anda.

Berikut 4 Tips Merawat Kelamin Bayi Laki-laki dengan Benar

Tips Merawat Organ Vital Si Kecil

Khusus bagi ibu yang masih bingung bagaimana merawat kelamin dari bayi berjenis kelamin laki-laki di rumah, maka beberapa tips berikut tentu akan sangat membantu Anda:

  • Menjaganya tetap kering,

Bayi berjenis kelamin laki-laki biasanya akan langsung pipis manakala popoknya dibuka, supaya tidak mengenai wajah. Maka saat membuka popok ambil kain kecil atau kapas yang lembut untuk menutup kelaminnya. Cara ini mencegah air pipis muncrat ke wajah dan menjaganya tetap kering, sebab jika kelamin bayi terlalu lama lembab atau basah bisa memicu ruam popok dan iritasi jenis lainnya.

  • Membersihkan organ vital usai pipis maupun berak,

Saat bayi laki-laki Anda pipis atau berak dan membuat popoknya kotor maka jangan asal dilepas dan ditarik begitu saja. sebab bisa jadi malah kotoran di popok keluar kemana-mana dan mengotori kasur si kecil. Usahakan untuk dilipat dulu dan biarkan si kecil menyelesaikan prosesnya mengeluarkan kotoran. Setelah selesai lipat kembali dan pastikan bagian kering dan bersih bersentuhan dengan bokong bayi. Ceboki bokong bayi Anda dengan kain basah atau tissue basah, sampai bersih dan keringkan dulu baru di pakaikan popok kembali.

  • Gunakan kapas untuk membersihkan kelaminnya,

Saat mandi ibu bisa membersihkan kelamin bayi Anda sekalian, namun untuk pembersihan kelamin usai pipis atau mungkin berak. Tentu perlu memakai kain atau kapas khusus sehingga bedakan dengan yang dipakai menceboki bokong. Paling ideal adalah memakai kapas kemudian dicelupkan ke dalam air hangat, lalu di gosok perlahan ke kelamin bayi. Biarkan kering baru kemudian diberi popok kembali, pemakaian air hangat bisa menjaga kelamin dan tubuh bayi tetap nyaman dan bersih maksimal.\

  • Cara membersihkan kulup,

Bayi berjenis kelamin laki-laki tentunya belum menjalani proses khitan atau sunat, kecuali karena ada alasan medis tertentu. Nantinya ibu akan menjumpai bagian kulup yakni kelopak kulit yang menutupi bagian ujung kelamin bayi Anda. Bagian kulup ini memang tipis dan bisa ditarik, usahakan memakai kapas basah untuk membersihkan bagian tersebut. Sebab kelopak ini mudah sekali menjadi kotor karena banyak kotoran entah sabun atau apapun berkumpul di kelopak. Rajin membersihkan bagian ini akan membuat bayi laki-laki Anda tetap bersih, sehat, dan nyaman.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan