Buah-Buahan Pada Tahap Perkenalan MPASI Bayi

Dengan kandungan gizi yang berbeda-beda, buah-buahan bisa menjadi salah satu sumber gizi yang baik bagi bayi Anda. Pada dasarnya buah-buahan dapat memberikan banyak manfaat untuk bayi, namun kita sering kali kebingungan dalam menentukan buah apa yang akan diberikan pada tahap perkenalan MPASI bayi.

Menurut ahli gizi, semua buah memiliki manfaat yang bagus untuk bayi, namun kita harus menyesuaikannya dengan usia bayi. Sebagai permulaan, berikanlah buah-buahan kepada bayi usia 6 bulan karena pada usia ini kondisi pencernaannya sudah siap mendukung konsumsi buah. Selain usia, Anda harus mempertimbangkan juga beberapa hal, seperti tekstur dan rasa.

Dari sisi tekstur, perkenalkanlah terlebih dahulu buah-buahan yang memiliki tekstur lembut dan Anda dapat menghaluskannya terlebih dahulu. Sementara dalam hal rasa, perkenalkanlah terlebih dahulu buah-buahan yang memiliki rasa manis karena sistem pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan. Lihat perkembangannya dalam satu minggu. Apabila tidak mengalami masalah pencernaan, yang ditandai dengan BAB normal, maka Anda dapat meneruskan pemberian buah-buahan tersebut sebagai MPASI bayi.

Berikut adalah buah-buahan yang baik diberikan pada tahap awal pemberian MPASI bayi:

  1. Pisang

Pisang mengandung fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang baik untuk kesehatan bayi Anda. Pada tahap pengenalan MPASI, pisang disajikan dengan dikeruk daging buahnya hingga lembut. Bisa juga dibuat campuran bubur atau pure untuk menambah rasa sehingga tidak membuat bayi Anda bosan.

  1. Tomat

Kandungan gizi pada tomat di antaranya adalah kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan vitamin A. Anda dapat memperkenalkan buah tomat untuk campuran bubur sehingga memiliki rasa yang unik. Jadikan tomat sebagai pelengkap atau saus yang disajikan bersama bubur atau pure.

Baca juga: Awal Pemberian Makanan Bayi Awali Dengan Buah-Buahan

  1. Jeruk

Pengenalan buah jeruk pada usia pemberian MPASI kadang-kadang memang mencemaskan. Namun, sebetulnya Anda tidak perlu khawatir dengan masalah kesehatannya bila Anda mengenalkan jeruk yang memiliki rasa manis. Jeruk memiliki kandung gizi yang baik yang terdiri dari kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat. Sajikan buah ini dengan cara memeras airnya untuk kemudian diminumkan kepada bayi. Pemberian secara langsung belum disarankan karena teksturnya masih sulit dicerna oleh bayi.

  1. Pir

Kandungan gizi di dalam buah pir adalah kalium, fosfor, kalsium dan juga vitamin C. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan bayi. Sajikan dengan cara dipotong kecil-kecil, kemudian kukus buah pir tersebut sampai lunak.

  1. Apel

Kalium,fostor, kalsium, megnesium, vitamin A, dan vitamin C adalah kandungan gizi dalam buah apel. Sajikan dengan cara dikupas kulitnya, lalu potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam panci. Tambahkan air secukupnya atau sampai potongan apel terendam oleh air. Bila apel telah lunak, lembutkan dengan menggunakan blender. Apel siap diberikan kepada bayi Anda.

Be Sociable, Share!
 Buah-Buahan Pada Tahap Perkenalan MPASI Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *