Calon Ayah Ibu, Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memilih Pakaian Bayi

Menjadi orang tua dan memiliki anak sendiri yang diinginkan dan terlahir dengan sempurna menjadi salah satu hal yang diinginkan. Tidak jarang, menjadi calon orang tua untuk pertama kalinya memberikan sensasi tersendiri termasuk gugup dan tidak sabar menunggu kedatangan calon buah hati. Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum Anda dan pasangan Anda menjadi orang tua. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah pakaian bayi untuk menjaga agar bayi tetap hangat dan tidak kedinginan serta terlindungi.

Namun, sebelum Anda membeli pakaian untuk bayi Anda, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Pertama adalah hindari untuk memilih baju yang terbuat dari bahan nilon. Hal ini disebabkan karena nilon mempunyai kemampuan daya serap untuk menyerap keringat yang kurang bagus. Jika bahan ini bergesekan dengan kulit bayi yang mana memiliki lapisan kulit terluar (epidermis) yang 20-30% lebih tipis dibandingkan dengan orang dewasa, maka bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Kedua adalah hindari untuk memilih baju yang terlalu sempit. Baju yang terlalu sempit akan memungkinkan kulit bayi lebih mudah bergesekan dengan baju sehingga bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Selain itu, pakaian bayi yang terlalu sempit menyebabkan bayi akan tidak nyaman dan susah untuk bergerak. Ketiga adalah hindari untuk memilih baju yang memiliki kerah yang kaku dan tebal karena hal tersebut justru bisa menyebabkan kulit leher menjadi gatal-gatal dan iritasi.

Baca Juga: Begini Cara Memilih dan Mencuci Pakaian Bayi yang Benar

Keempat adalah hindari untuk membeli baju yang memiliki kancing di bagian belakang, terutama jenis kancing besar atau kancing yang terbuat dari bahan logam setidaknya hingga usia anak memasuki 3 bulan. Hal ini disebabkan karena saat bayi berusia kurang dari 3 bulan, bayi masih dalam posisi telentang dan belum bisa bergerak bebas seperti tengkurap. Jika kancing berada di bagian belakang tubuh, bukan hanya membuat bayi tidak nyaman saat telentang sehingga menyakiti bayi tepatnya punggungnya, juga akan menyebabkan Anda kesulitan untuk memasangkan dan melepaskan baju anak Anda.

Hal lainnya yang harus diperhatikan oleh calon orang tua sebelum memilih dan membeli pakaian bayi adalah:

  • Hindari untuk memilih pakaian yang memiliki kerutan yang ada di bagian dada apalagi yang terlalu menekan atau terlalu sempit/rapat. Hal tersebut disebabkan kerutan yang ada di bagian dada bisa menekan bagian dada bayi sehingga hal tersebut dapat menyebabkan bayi menjadi sesak nafas.
  • Hindari memilih baju yang menggunakan karet elastis yang terlalu pas di badan tepatnya di bagian pinggang, paha, lengan dan pergelangan tangan. Selain bisa menyebabkan aliran darah terganggu juga bisa menyebabkan bayi tidak nyaman dan iritasi.
  • Hindari memilih baju dengan banyak manik-manik, pita atau aksesoris untuk bayi usia di bawah 3 bulan karena bisa saja aksesoris tersebut masuk ke dalam tubuh/menyakiti anak.

 

Be Sociable, Share!
 Calon Ayah Ibu, Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memilih Pakaian Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *