Cara Memilih Sepatu Anak yang Tepat dan Aman Dipakai

Alas kaki ataupun sepatu bagi anak, mungkin tidak hanya menjadi bahan pelindung kaki mereka saja, namun sepatu juga kerap kali menentukan tingkat kenyamanan seorang anak dalam melakukan aktivitas, mengingat tentunya alas kaki ini selalu digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas yang mereka miliki, terutama bagi mereka anak sekolah. Mengingat penting serta berpengaruhnya penggunaan sepatu pada aktifitas yang dilakukan oleh seorang anak inilah, maka sebagai orang tua sudah seharusnya kita menyediakan sepatu dengan kualitas terbaik, yang dapat memberikan kenyamanan yang lebih pada anak ketika menggunakannya. Berikut ini beberapa tips pemilihan sepatu anak yang nyaman dan aman untuk digunakan.

 Cara Memilih Sepatu Anak yang Tepat dan Aman Dipakai

Tidak hanya nyaman, aman pun harus diberikan pada penyediaan sepatu khusus untuk putra putri Anda. Aman disini berarti bahwa sepatu yang akan Anda berikan bagi putra putri Anda, tidak akan menimbulkan rasa sakit ataupun justru dapat mengganggu proses tumbuh kembang dalam diri anak itu sendiri. Untuk dapat menghadirkan sepatu yang nyaman dan aman tersebut, bahan pembuatan sepatu menjadi perhatian utama yang harus Anda teliti dengan seksama. Sepatu dengan tingkat kenyamanan yang tinggi, biasanya akan memiliki bahan sol yang lentur dan bertekstur lembut, sehingga dapat digunakan dalam berbagai medan yang harus dilalui oleh anak.

Selain bahan sol, bahan permukaan ataupun punggung sepatu menjadi penilaian lain yang harus Anda perhatikan terkait dengan bahan pembuatan sepatu tersebut. Sepatu anak yang memiliki kualitas baik, biasanya akan memiliki bahan pembuatan punggung sepatu yang tidak panas ketika digunakan, serta memiliki pori, sehingga sirkulasi dalam sepatu dapat terjaga, dan kelembaban pada kaki pun tidak harus terjadi.

Baca Juga:Tips Memilih Sepatu Bayi yang Aman dan Nyaman untuk Kaki Si Kecil

Selain bahan pembuatan dari sepatu tersebut, hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menghadirkan sebuah sepatu untuk putra putri Anda, antara lain adalah:

  • Ukuran sepatu yang akan Anda berikan bagi putra putri Anda, sebaiknya disesuaikan dengan ukuran kaki mereka, jangan terlalu longgar ataupun sempit, yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan ketika digunakan.
  • Sistem pengaitan sepatu, akan lebih disarankan bagi Anda untuk menyesuaikannya dengan usia putra putri Anda. Untuk anak sekolah dasar mungkin sistem pengaitan sepatu dengan menggunakan gesper akan lebih memudahkan mereka dalam menggunakannya.
  • Model sepatu haruslah Anda sesuaikan dengan peruntukkan sepatu tersebut digunakan, jika sepatu digunakan untuk bersekolah maka pilihlah sepatu sekolah, dan jika untuk kegiatan olahraga maka pilihlah sepatu olahraga.

Yang tak kalah penting ketika Anda memilih sepatu anak khusus untuk sekolah, yang harus diperhatikan dengan seksama adalah aturan yang ditetapkan oleh pihak sekolah, tempat putra putri Anda menimba ilmu. Pada umumnya sepatu dengan warna hitam merupakan sepatu wajib yang harus digunakan oleh anak sekolah, namun demikian sepatu dengan warna tertentu pun biasanya akan diizinkan untuk digunakan pada hari-hari tertentu sesuai dengan aturan yang berlaku.

Be Sociable, Share!
 Cara Memilih Sepatu Anak yang Tepat dan Aman Dipakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *