Cara Menangani Infeksi Pada Telinga Bayi

Cara Menangani Infeksi Pada Telinga Bayi

Otitis media atau biasa disebut dengan infeksi telinga sangat sering terjadi pada bayi. Kondisi ini merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada telinga bagian tengah. Saat terjadi kondisi infeksi telinga bayi maka sang anak akan cenderung mengalami kondisi suhu tubuh yang cenderung naik hingga terkena demam. Selain itu sang anak akan sulit tidur atau bahkan keluar cairan dari kedua telinga.

Cara Menangani Infeksi Pada Telinga Bayi

Secara umum infeksi telinga terjadi pada saluran eustachius. Saluran eustachius merupakan sebuah saluran yang menghubungkan antara telinga, hidung, dan juga tenggorokan. Pada anak-anak bentuk saluran eustachius cenderung lebih horizontal, pendek, dan kecil sehingga akan mudah tersumbat dibandingkan dengan orang dewasa. Berikut ini akan disampaikan beberapa cara menangani infeksi pada telinga bayi:

Mencukupi Asupan Air Minum

Salah satu cara mudah yang dapat ditempuh saat terjadi kondisi infeksi pada telinga adalah dengan memberikan banyak asupan air minum kepada sang anak. Dengan menelan cairan sedikit demi sedikit akan membantu membuka saluran eustachius. Itu berarti akan mengurangi penyumbatan yang terjadi di saluran ini dan sedikit demi sedikit akan mengatasi kondisi peradangan walaupun akan memakan waktu yang relatif cukup lama.

Meninggikan Posisi Kepala Bayi

Ketika sang buah hati sedang tidur angkat sedikit tubuh sang bayi dengan perlahan kemudian meletakkan 1-2 bantal di kasurnya. Anda harus meletakkan di balik kasurnya bukan di bawah kepalanya secara langsung. Dikarenakan apabila di bawah kepala maka akan mempengaruhi posisi tulang belakangnya yang tidak sejajar.

Ditambahkannya 1 sampai 2 buah bantal di bawah kasur bertujuan untuk meninggikan posisi kepala sang buah hati. Dengan posisi yang lebih tinggi diharapkan akan memperlancar sirkulasi udara pada telinga bayi sehingga akan memberikan dampak baik bagi peradangan telinga yang sedang dialami.

Memberikan Minyak Zaitun Hangat

Apabila tidak terjadi kondisi kebocoran gendang telinga yang ditandai dengan adanya cairan yang mengalir dari dalam telinga. Tidak ada salahnya untuk meneteskan beberapa tetes minyak zaitun ke telinga yang sedang meradang. Anda harus memastikan bahwa minyak zaitun tersebut tidak dalam kondisi terlalu panas atau terlalu dingin. Sebaiknya kondisi minyak zaitun dalam keadaan hangat. Anda dapat melakukan cara ini saat bayi sedang tidur agar tetap berada pada posisi semula yaitu posisi berbaring menyamping dengan letak telinga tegak lurus ke arah atas selama beberapa menit kemudian kembali pada posisi terlentang. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan minyak zaitun mencapai gendang telinga.

Mengkompres Dengan Air Hangat

Apabila sang bayi meringis kesakitan, Anda dapat mengurangi rasa sakit dengan mengkompreskan air hangat pada telinga bayi dengan handuk yang sudah dibasahi. Durasi pengompresan dapat dilakukan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan