Cara Mencuci Pakaian bayi Agar Bersih dan Aman untuk Kulitnya

Cara Mencuci Pakaian bayi Agar Bersih dan Aman untuk Kulitnya

Cara mencuci pakaian orang dewasa ataupun pakaian bayi sebenarnya sama. Namun ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Hal itu dikarenakan kuli bayi memiliki kulit yang masing sensitif sehingga rentan terhadap berbagai jenis iritasi. Apabila Anda melakukan pencucian baju bayi dengan cara yang tidak benar, maka biasanya akan timbul ruam kemerahan dan gatal-gatal pada kulit bayi. Berikut ini kami berikan panduan kepada Anda mengenai cara mencuci pakaian bayi agar bersih dan aman bagi kulitnya.

Cara Mencuci Pakaian bayi Agar Bersih dan Aman untuk Kulitnya

Memilih Detergen Pembersih

Untuk mencuci pakaian bayi, sebenarnya tidak memerlukan detergen khusus, kecuali jika bayi Anda kulitnya sangat sensitif. Detergen jenis apapun bisa dipakai, namun sebaiknya hindari produk pembersih yang mengandung banyak bahan kimia seperti pemutih, pelembut, dan pewangi. Karena dikhawatirkan akan memperbesar kemungkinan iritasi pada kulit bayi.

Setelah digunakan selama beberapa hari, perhatikanlah kondisi bayi, apakah mengalami batuk, gatal-gatal, ruam, atau bengkak pada kelopak mata. Karena jika itu terjadi, kemungkinan disebabkan oleh detergen yang Anda gunakan. Segeralah lakukan konsultasikan masalah ini dengan dokter kesehatan bayi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pisahkan Pakaian yang Kotor

Jangan pernah mencampur pakaian bayi dengan pakaian orang dewasa pada saat mencucinya. Apalagi jika salah satu keluarga Anda ada yang memiliki penyakit kulit. Karena dikhawatirkan akan menular ke kulit si kecil. Ketika memisahkan pakaian, jangan lupa untuk membalik pakaian untuk menjaga bagian kancing, resleting, dan pita supaya tidak mudah rusak.

Selain itu, pisahkan juga baju bayi dari tingkat parah kotornya. Baju yang kotorannya banyak harus dicuci secara terpisah dengan pakaian yang tidak terlalu banyak kotoran atau noda. Hal ini penting dilakukan supaya pakaian yang kotor tersebut tidak mengotori pakaian lain yang masih cukup bersih.

Teknik Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian dengan mesin cuci memang mudah dan praktis. Namun, tidak semua jenis pakaian bayi dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Pakaian yang berbahan kain tebal atau yang sangat halus cenderung akan lebih cepat rusak ketika dicuci menggunakan mesin cuci. Oleh sebab itu, cucilah baju bayi berbahan kain wol atau sutra secara manual menggunakan tangan.

Jika pakaian mengandung banyak kotoran, rendam terlebih dahulu ke dalam air hangat selama 10 sampai 15 menit untuk mensterilkan guna menghilangkan bakteri yang menempel. Kemudian gosok pakaian tersebut sebanyak beberapa kali sampai kotoran yang menempel tersebut hilang. Setelah itu, barulah bilas pakaian.

Bilas Hingga Bersih

Setelah Anda mencuci pakaian hingga bersih, selanjutnya bilas pakaian tersebut sebanyak dua atau tiga kali dengan air bersih. Pengulangan pembilasan sebanyak beberapa kali bertujuan untuk menghilangkan sisa detergen yang masih menempel. Setelah itu, keringkan pakaian dengan pengering lalu jemur di tempat yang banyak terkena sinar matahari.

Itulah cara mencuci pakaian bayi supaya bersih dan aman bagi kulitnya, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan