Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Tanpa Perlu Panik

Bagi orangtua tentu akan berusaha yang terbaik untuk anaknya dari bayi hingga ia nantinya tumbuh dewasa. Ketika seseorang menjadi orangtua, ada perasaan yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata mengenai kasih sayang yang dirasakan orangtua kepada bayinya. Dan tidak jarang kasih sayang tersebut juga membuat orangtua mengalami kepanikan yang luar biasa apabila menangani bayi. Terlebih untuk orangtua yang baru pertama kali memiliki momongan sehingga akan panik dihari-hari awalnya. Dan yang lebih parah adalah ketika bayi mengalami penyakit seperti demam, orangtua pasti akan sangat panik karena walaupun bukan penyakit yang berbahaya untuk orang dewasa. Tetapi jenis penyakit itu akan sangat berbahaya apabila tidak dilakukan tindakan yang tepat untuk bayi karena sistem kekebalan tubuh bayi yang masih sangat rentan terkena berbagai penyakit lainnya.

Demam pada bayi sendiri bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti misalnya karena infeksi virus, bakteri dan juga karena setelah di imunisasi. Hal tersebut merupakan hal umum yang menjadi penyakit ini pada bayi sehingga orangtua juga tidak perlu panik. Gejala dari penyakit ini dapat dirasakan dan dilihat dengan mudah adalah dari suhu badan bayi yang meninggi dan juga kadang wajahnya memerah dan lebih sering menangis. Oleh karena itulah banyak orangtua yang akan merasa kasihan pada bayi dan jatuhnya menjadi panik. Akan tetapi sebaiknya orangtua tidak perlu panik dan akan lebih baik untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi sakit tersebut pada bayi.

Dimana beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit demam pada bayi ini adalah dengan:

  • Cara pertama adalah dengan memperbanyak cairan pada bayi sehingga ia tidak dehidrasi.
  • Mengontrol suhu badan bayi sehingga akan mengetahui dengan pasti perubahan suhu pada bayi.
  • Pakaikan anak dengan sesuatu yang nyaman dipakai dan tidak terlalu tebal, juga akan lebih baik untuk tidak diselimuti.
  • Memberikannya makanan yang enak dan bergizi agar cepat sembuh.

Baca Juga: Tips Mencegah Flu dengan Mudah Saat Musim Penghujan

Itulah cara mudah yang bisa dilakukan oleh orangtua apabila menghadapi bayinya yang sedang panas. Dan jangan lupa tentunya untuk menurunkan suhu badannya dengan cara mengompreskan air es atau bisa menggunakan alat kompres yang bisa didapatkan di minimarket atau supermarket. Sehingga panasnya akan turun dan bayi bisa membaik dan juga berikan obat dengan rutin agar ia juga mendapatkan istirahat yang cukup.

Apabila semua hal tersebut telah dilakukan tetapi demam anak masih saja tidak turun dalam 2 hari. Maka akan lebih untuk segera dibawa ke bidan atau dokter anak sehingga dapat mengecek mengenai keadaan bayi tersebut dengan pasti. Dengan begitu bayi akan mendapatkan pertolongan pertama dan orangtua akan lebih tenang apabila bayinya telah mendapatkan perawatan terbaik agar panas badannya segera turun dan dapat sehat lagi.

 

Be Sociable, Share!
 Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Tanpa Perlu Panik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *