Cara Menghindari dan Mengatasi Trauma Melahirkan

Menjadi ibu adalah dambaan bagi setiap wanita. Namun seringkali cerita akan sakitnya proses melahirkan mengakibatkan para wanita atau calon ibu mengalami ketakutan tersendiri sehingga menunda proses untuk memiliki anak. Melahirkan secara normal memang akan mengakibatkan rasa sakit yang tak tertahankan seperti cerita para ibu lainnya, namun bukankah setelah itu akan ada hadiah anugerah dari Yang Maha Kuasa berupa makhluk mungil yang menggemaskan? Untuk itu Anda para wanita tidak perlu berlama-lama takut atau trauma melahirkan agar dapat segera memiliki makhluk kecil menggemaskan tersebut.

Bagi yang menunda memiliki anak karena takut akan proses melahirkan secara normal, berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa takut tersebut:

  • Mencari literatur bagaimana cara melahirkan yang paling mudah dan tidak sakit seperti melahirkan di air, atau caesar.
  • Melakukan senam yoga dan senam ibu hamil untuk melatih otot-otot rahim agar lebih siap saat menjelang kontraksi.
  • Mendekatkan diri dengan Yang Diatas dan berdoa agar diberi kelancaran saat proses melahirkan.
  • Meminta doa dan restu orang tua terutama ibu menjelang kelahiran agar dimudahkan saat proses persalinan.

Sedangkan bagi Anda yang sudah pernah melahirkan namun mengalami trauma melahirkan akibat sakitnya proses melahirkan yang pertama, maka beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk menghilangkan trauma tersebut:

  • Lebih mendekatkan diri pada anak sehingga dapat memaknai besarnya anugerah yang telah diperjuangkan.
  • Mendekatkan diri para ibu dan Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mencari proses melahirkan yang lebih mudah seperti operasi.
  • Menunggu hingga trauma tersebut hilang dan sudah siap secara fisik maupun mental.

Bagi Anda wanita calon ibu ataupun yang sudah memiliki anak, akan dapat merasakan sakitnya perjuangan ibu yang telah melahirkan. Karenanya ketika hamil atau hendak melahirkan sebaiknya banyak-banyak mengunjungi ibu kandung, meminta doa dari beliau agar dimudahkan proses persalinannya. Doa ibu adalah restu dari Tuhan sehingga sangat baik bagi Anda untuk mencari ridho orang tua terutama ibu. Selain itu dukungan dari keluarga terutama suami di ruang persalinan juga dapat mengurangi ketakutan yang kerap terjadi.

Saat ini sudah ada juga cara melahirkan yang lebih modern yang diklaim dapat mengurangi rasa sakit sehingga dapat digunakan pada ibu yang mengalami trauma melahirkanCara tersebut salah satunya adalah melahirkan di dalam air. Namun di Indonesia masih sedikit instansi yang kesehatan yang memiliki metode tersebut untuk membantu ibu yang akan melahirkan. Cara lain yang efektif adalah dengan pendekatan spiritual agar diberikan keberanian dan kekuatan baik dari anggota keluarga maupun dari doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

 Cara Menghindari dan Mengatasi Trauma Melahirkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *