Cara Menyiapkan dan Membuat Susu Formula Bayi yang Tepat dan Aman

Memberikan ASI bagi buah hati adalah harapan dan kebanggaan tersendiri bagi semua ibu. Namun kadang apa yang diharapkan tidak semua berjalan lancar. Ada banyak ibu yang tidak bisa memberikan ASI karena berbagai macam faktor. Bisa saja karena bentuk puting yang kecil, rata, atau tenggelam sehingga susah dijangkau oleh bayi. Atau bisa juga karena kesibukan bekerja di luar rumah.  Untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, susu formula bayi bisa dijadikan solusi bayi tetap mendapatkan susu.

Setiap susu kemasan memiliki standar yang berbeda-beda. Standar susu yang memiliki kualitas bagus adalah yang mengikuti aturan yang sudah ditetapkan sehingga lebih aman dikonsumsi bayi. Selain itu ada beberapa hal lainnya yang harus perhatikan, antara lain:

Perhatikan Takarannya

Pemberian takaran susu formula harus sesuai dengan usia dan kondisi bayi. Misalnya bayi yang masih berusia satu atau dua bulan membutuhkan 30 – 60 mf sufor sekali minum. Pastikan bayi Anda tidak alergi susu, dalam hal ini perlu dipastikan ke dokter atau dengan melihat riwayat keluarga apakah salah satu orang tua ada yang memiliki reaksi intoleran (alergi) terhadap jenis susu formula.

Pilih Susu Sesuai Usia

Penting, memilih susu formula disesuaikan dengan tingkat usia. Zat gizi dan vitamin yang ada di dalam susu disesuaikan berdasarkan tingkat usia. Misalnya: susu formula bayi usia 0-6 bulan berbeda komposisinya dengan susu untuk bayi yang usianya 6-12 bulan.

Cara Membuat Susu Formula yang Benar

Masih banyak para ibu membuat susu formula menggunakan cara lama, padahal susu formula zaman dulu berbeda dengan sekarang. Artinya cara membuatnya berbeda pula. Susu jaman dulu lemaknya sangat tinggi sehingga cara membuatnya harus dengan air panas agar lemak di dalamnya mudah larut. Sedangkan susu formula sekarang sudah mengandung pelarut, jadi cara menyeduhnya diawali dengan air dingin kemudian air panas.

Baca Juga: Manfaat Penting Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu Menyusui

Persiapan Sebelum Membuat Susu Formula

  • Pastikan botol yang digunakan bersih dan steril. Caranya, sikat menggunakan sabun khusus, setelah bersih rendam botol ke dalam panci yang berisi air mendidih. Teknik perebusan dilakukan kira-kira 5-6 menit.
  • Setelah peralatan siap cuci tangan Anda hingga bersih.
  • Tuangkan air matang hangat, setelah itu tambahkan susu sesuai takaran. Sebaiknya jangan terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  • Tutup botol dan kocok hingga tercampur rata.
  • Gunakan sendok pengukur yang ada di dalam kaleng susu formula
  • Tutup botol susu kemudian kocok-kocok agar susu menyatu dengan air
  • Periksa tingkat kepasan susu, caranya teteskan susu ke tangan Anda. Jika terlalu panas rendam botol susu di air dingin.

Jika susu formula bayi didiamkan, sebaiknya jangan lebih dari tiga jam. Walapun dalam kondisi botol tertutup udara yang lembap bisa mengubah kondisi susu. Susu yang dimasukkan ke kulkas lalu dipanaskan sebelum diberikan ke bayi boleh saja, namun dikhawatirkan kandungan gizinya terpisah, mengendap atau rusak.

Be Sociable, Share!
 Cara Menyiapkan dan Membuat Susu Formula Bayi yang Tepat dan Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *