Cara Menyusui dan Memberikan ASI Bayi dengan Tepat untuk Para Pekerja!

Mempunyai seorang bayi merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri bagi sepasang suami istri, makanya tidak heran jika mereka rela memberikan apapun yang terbaik untuk buah hatinya. Seperti pemberian ASI bayi yang baru lahir yang merupakan suatu kewajiban yang harus diberikan dari ibunya. Banyak yang menyarankan pemberian ASI sendiri mulai dari baru lahir sampai dengan usia kurang lebih 2 tahun. Secara garis besar hal tersebut tentu akan menjadi tantangan baru sendiri buat para ibu baru, apalagi Anda sebagai ibu sekaligus sebagai pekerja kantoran.

Padahal seperti yang diketahui bahwa banyak sekali peran penting ASI bagi pertumbuhan bayi, bisa jadi akibat peran ganda seorang ibu dapat menyebabkan kegagalannya untuk memberikan ASI secara eksklusif. Tetapi dengan menggunakan beberapa trik khusus dalam pemberian ASI kepada buah hati tentunya kesuksesan pemberian nutrisi baik selama 2 tahun akan mudah terlewati. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan supaya tetap sukses bekerja dan sukses pemberian ASI, antara lain:

  • Persiapan sebelum masuk kerja.

Setelah melahirkan tentu Anda masih beri beberapa waktu untuk menghabiskan masa cuti hamil. Nah, dari itu Anda perlu persiapkan diri sebelum melakukan kesibukan dalam pekerjaan lagi. Misalnya mengatur jadwal pemberian ASI bayi dan juga kerjaan, selain Anda memberikan susu secara langsung juga bisa melakukan pemerahan sebagai persediaan.

  • Kemampuan memerah ASI.

Mulai untuk melatih kemampuan memerah ASI secara rutin, umumnya para ibu pekerja melakukannya dengan interval waktu selama 3 sampai 4 jam. Dalam hal ini Anda bisa melakukan latihan secara manual ataupun menggunakan pompa elektrik.

Baca Juga:Pengganti ASI Bayi: Cerdaskan Bayi Menggunakan Susu Formula dengan 4 Kiat Berikut!

  • Hindari stress.

Untuk pemberian ASI eksklusif kepada buah hati Anda harus persiapkan diri untuk tidak stress, selalu menyempatkan makan makanan bergizi supaya kualitas dari ASI yang Anda hasilkan tetap baik. Hindari beban fikiran ataupun fisik dari pekerjaan dan lainnya, karena hal itu akan mempengaruhi kualitas dari susu untuk buah hati.

  • Sempatkan menyusui langsung.

Walaupun telah menyiapkan beberapa persediaan ASI setiap harinya untuk buah hati tetapi tetap usahakan untuk memberikan secara langsung. Hal ini tentunya akan memberikan dampak atau ikatan batin antara anak dengan ibu. Waktu yang tepat untuk dilakukannya ketika akan berangkat kerja, pulang kerja atau menjelang anak tidur.

Dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini ternyata tidak ada lagi halangan dalam pemberian ASI secara eksklusif kepada buah hati. Jadi seorang pekerja tetap bisa memberikan yang terbaik untuk buah hatinya supaya tetap tumbuh berkembang dan selalu tercukupi oleh ASI bayi yang telah diberikan. Walaupun banyak kemudahan dalam melakukan semuanya tetapi tetap sangat disarankan pemberian secara langsung untuk meningkatkan intensitas kedekatan anak kepada ibu.

 

Be Sociable, Share!
 Cara Menyusui dan Memberikan ASI Bayi dengan Tepat untuk Para Pekerja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *