Cara Merawat Bayi Kembar

Hadirnya bayi kembar dalam keluarga Anda tentu mendatangkan kebahagiaan tersendiri yang tak jarang membuat iri keluarga lain. Namun dimikian, tugas orang tua pun sekaligus jadi dua kali lipat bahkan bisa sangat merepotkan jika tidak terjalin komunikasi dan saling pengertian yang baik antara suami dan istri. Merawat dua bayi sekaligus tentunya sedikit berbeda dari merawat satu bayi. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan selama merawat kedua bayi Anda.

Cara Merawat Bayi Kembar

  • Memandikan

Aktivitas wajib yang tak jarang merepotkan bunda adalah ketika memandikan bayi kembar. Apabila kondisi memungkinkan, Anda bisa memandikan mereka secara bergiliran. Tentunya dengan meminta bantuan orang lain untuk menjagakan bayi yang satunya selama Anda memandikan satu bayi. Jika Anda terpaksa memandikan kedua bayi tersebut secara bersamaan, maka Anda pun harus ekstra cekatan dan hati-hati dalam melakukannya. Jika anak sudah bisa duduk dengan baik, anda pun bisa memandikan mereka bersama-sama dengan mudah.

  • Mengenakan Baju

Kegiatan berikutnya adalah mengganti baju, celana hingga pernik lainnya. Ada baiknya Anda sudah menyiapkan segala perlengkapan bayi mulai dari pakaian, bedak dan lainnya sebelum proses memandikan dimulai. Siapkan juga handuk kering yang lembut hingga perlengkapan perawatan bayi lain di dekatnya. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila bayi kembar Anda sedang rewel. Biasanya orang tua akan mendandani dan mengenakan baju yang sama untuk kedua bayi kembarnya. Yang perlu diingat adalah, hal ini tidak harus.

  • Menyusui

Memberikan ASI memang lebih direkomendasikan, utamanya ASI ekslusif usia 6 bulan. Bagi orang bayi kembar, ibu harus menerapkan manajemen laktasi untuk mendapatkan ASI terbaik. Jika diperlukan, ibu juga bisa mempersiapkan ASI perah yang bisa diberikan sewaktu-waktu. Kursi goyang yang dilengkapi lengan juga bisa Anda manfaatkan selama memberikan ASI bagi kedua bayi tersebut. Anda bisa menaruh 2 bantal untuk membantu menopang tubuh bayi-bayi Anda dan Anda pun tetap bisa duduk dalam posisi yang nyaman.

  • Pemberian MP-ASI

Setelah usia 6 bulan, bayi sudah bisa diberi Makanan Pendamping ASI. Kedua bayi pun bisa diberi makanan secara bersamaan dengan cara menyiapkan makana pada piring masing-masing. Anda bisa saja menyuapi mereka secara bergantian. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menyuapkan pada anak anda. Usahakan untuk selalu memberi makanan yang menyenangkan agar mereka bisa terus makan lahap.

  • Menggunakan Stroller

Peralatan ini bisa membantu Anda dalam mengajak bayi kembar Anda bepergian. Stroller yang dipilih pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilihan yang bisa diambil antara lain stroller yang menggunakan tandem (stroller yang memiliki tempat duduk sejajar depan-belakang, berdampingan atau berhadapan). Saat ingin membeli alat bayi ini, ada baiknya Anda juga memperhatikan nilai kenyamanan bayi.

Be Sociable, Share!
 Cara Merawat Bayi Kembar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *